Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Olahraga untuk Penderita Jantung

Melakukan olahraga memang sangat disarankan untuk mendapatkan tubuh yang selalu segar dan sehat, namun sayangnya tidak jarang orang yang justru terkena penyakit jantung dadakan saat berolahraga. Mengapa begitu? Ini dikarenakan olahraga yang mereka lakukan melebihi batas kemampuan mereka yang seharusnya. Ya, biasanya ini terjadi saat ada penderita jantung yang sangat jarang berolahraga tiba-tiba mereka langsung berolahraga keras. Akibatnya jantung mereka yang biasa berdenyut dengan pelan tiba-tiba dipaksa untuk berdenyut dengan kencang dan cepat lalu mengakibatkan cedera jantung yang parah.

Bagi Anda penderita jantung sangat disarankan agar Anda benar-benar bisa mengetahui sampai manakah kemampuan Anda sebelum berolahraga sehingga hal-hal berbahaya ini bisa terhindar nantinya. Anda bisa meminta saran dari dokter atau ahli jantung, dan setelah Anda mengetahui batas kemampuan Anda, barulah Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga.

Beberapa Tips Olahraga untuk Penderita Jantung :

1. Jangan makan terlalu banyak sebelum berolahraga

Jika ingin berolahraga, sangat disarankan agar Anda mengkonsumsi makanan yang secukupnya saja. Selain itu setelah makan Anda diharuskan untuk mengistirahatkan tubuh sekitar 1-2 jam baru kemudian Anda bisa memulai aktifitas olahraga. Tindakan seperti ini dilakukan karena akan mencegah Anda merasa “penuh” dan sesak nafas saat berolahraga.

2. Jangan langsung mandi ketika selesai berolahraga

Ingat! Jika selesai berolahraga jangan pernah langsung mandi karena ini akan mengagetkan tubuh Anda dan sangat beresiko untuk menyebabkan penyakit jantung. Anda harus mengistirahatkan tubuh terlebih dahulu sekitar 1 jam sampai benar-benar rileks dan santai baru kemudian bisa Anda mandi.

3. Ikuti senam kebugaran

Senam merupakan salah satu olahraga untuk Penderita Jantung yang direkomendasikan oleh para ahli. Ikutilah kegiatan senam harian yang ada di daerah Anda untuk membiasakan jantung aktif sehingga ini akan membuatnya lebih terbiasa jika Anda melakukan olahraga yang lebih berat suatu saat nanti.

4. Ikuti olahraga yang aktif bukan kompetisi

Cobalah untuk mengikuti olahraga aktif seperti jalan kaki ataupun berenang. Selain senam, olahraga ini juga akan membiasakan jantung Anda terlatih dan lebih kuat dari sebelumnya. Jangan mengikuti olahraga yang bersifat kompetisi seperti lari, badminton, sepakbola, basket ataupun tennis untuk sementara waktu. Karena olahraga semacam ini termasuk keras, menguras tenaga dan bisa membuat jantung Anda kumat jika tidak kuat.

5. Cobalah untuk bisa aktif sepanjang hari

Jika Anda adalah orang yang sering dirumah atau memang bekerja online dirumah maka ada baiknya Anda juga banyak melakukan hal-hal positif seperti membersihkan halaman rumah, menyapu lantai atau mengepel lantai. Ya, gerakan dalam melakukan bersih-bersih rumah ini sangat bermanfaat untuk membiasakan jantung Anda untuk aktif dan berkembang menjadi lebih kuat. Selain itu Anda juga bisa merasa segar karena tubuh Anda mendapatkan porsi latihan yang diinginkan

6. Latihan beban

Olahraga ini memang termasuk olahraga berat tapi tidak jika Anda melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda dan pelan. Cobalah untuk mengangkat beban secara perlahan karena ini akan meningkatkan detak jantung secara perlahan. Latihan beban bisa menjadi Olahraga untuk Penderita Jantung yang sangat baik jika dilakukan secara rutin dan tidak berlebihan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.