Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Obat Herbal untuk Telinga Bernanah

Penyakit telinga itu bermacam-macam. Salah satunya adalah penyakit telinga bernanah. Penyakit yang satu ini terjadi akibat adanya infeksi. Infeksinya sendiri bisa karena bakteri, jamur, hingga virus.

Pengobatan penyakit telinga bernanah bisa dilakukan secara medis dan tradisional. Cara medis tentu saja dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Adapun cara tradisional biasa kita kenal sebagai terapi herbal.

Aneka macam obat herbal untuk telinga bernanah yang bisa dibuat sendiri di rumah.

  • Uap Minyak Eucalyptus dan Minyak Lavender

Penggunaannya dilakukan dengan cara menambahkan masing-masing dua tetes minyak lavender dan minyak eucalyptus pada air mendidih yang ada di mangkuk kaca. Tutup kepala dengan handuk. Arahkan kepala pada uap air yang sudah diberi minyak tadi. Pastikan mata, hidung, dan telinga terkena uap tersebut. Hati-hati karena uap ini panas.

  •  Obat Tetes Telinga yang Terbuat dari Rebusan Bawang Putih

Pembuatannya dilakukan dengan cara merebus satu siung bawang putih dalam setengah gelas air hingga bawang putihnya lunak.  Penggunaannya sendiri adalah dengan cara meneteskan obat tetes bawang putih ini pada telinga. Kemudian, tutup lubang telinga dengan kapas. Supaya tidak menetes atau kapas lepas, tutup telinga dengan perban. Di sini, bawang putih akan membantu menyembuhkan infeksi.

  • Teh Bunga Mullein

Cara pembuatannya adalah  dengan menyeduh setengah sendok bunga mullein pada setengah gelas air. Ambil satu sendok teh bunga mullein ini, tambahkan satu sendok minyak zaitun. Biarkan campuran ini semalaman. Besoknya baru diteteskan  pada telinga yang terinfeksi. Biarkan beberapa saat dengan menutup telinga menggunakan kapas.

Itulah 3 resep obat herbal untuk telinga bernanah yang bisa dibuat di rumah. Selain 3 resep tadi, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengobati infeksi telinga/telinga bernanah. Misalnya saja dengan ASI (hanya untuk bayi). Penggunaannya cukup dengan langsung meneteskannya di telinga yang terinfeksi. Akan tetapi biasanya bayi yang disusui ASI jarang terkena infeksi telinga. Penempelan waslap (yang sebelumnya dicelupkan pada air panas) di lubang telinga juga bisa mengurangi infeksi.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.