Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Nutrisi yang Dibutuhkan Wanita Menopause

Nutrisi yang dibutuhkan wanita menopause tentu berbeda dengan wanita dewasa muda. Wanita menopause perlu mendapatkan nutrisi yang tepat untuk menjaga dirinya dari risiko kesehatan akibat menopause, selain itu juga untuk meringankan simtom-simtom akibat menopause.  Nutrisi dibutuhkan oleh wanita menopause akan membantunya untuk tetap kuat dan sehat walaupun terjadi perubahan yang sangat signifikan pada hormon di dalam tubuhnya.

Menopause adalah siklus yang tidak dapat dielakkan, tidak ada yang bisa menghambatnya. Cara bijak yang kita lakukan adalah memperkecil risiko perubahan hormon dalam tubuh tersebut, misalnya dengan menekan sejumlah keluhan fisik maupun psikis yang terjadi. Langkah bijak lainnya adalah dengan melakukan diet seimbang bagi wanita menopause. Diet seimbang yang dimaksud adalah memberikan mengonsumsi nutrisi yang benar-benar dibutuhkan, membatasi yang tidak dibutuhkan. Pola makan yang mengandung lemak berlebihan jelas akan memberikan dampak tidak menyenangkan bagi tubuh yang sedang berubah secara hormon.

Nutrisi yang dibutuhkan wanita menopause pada diet seimbang adalah seperti berikut.

  1. Kalsium tinggi, namun tak berlebihan
    Menopause dikaitkan dengan osteoporosis, maka wanita menopause memerlukan kalsium yang cukup tinggi. Namun konsumsi kalsium yang berlebih justru akan menyebabkan gangguan pada ginjal. Oleh karena itu, konsultasikan pada dokter konsumsi kalsium yang tepat pada wanita menopause. Beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah produk susu, sardine, dan brokoli.
  2. Cukup serat
    Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti pada roti gandum, sereal, pasta, nasi, juga buah dan sayur-sayuran.
  3. Minum banyak air mineral, minimal 8 gelas per hari.
    Awalnya Anda akan merasa kembung di perut dan sering pipis, tapi lama-lama Anda akan mendapati kulit Anda akan lebih lembap dan tidak terlalu keriput.
  4. Konsumsi cukup zat besi yang dapat ditemukan pada daging, ikan, telur, sayur hijau, dan kacang-kacangan.
  5. Kurangi lemak jenuh
    Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan dapat memicu munculnya hiperkolesterol dan sakit jantung pada wanita menopause. Akan lebih baik bila yang dikonsumsi adalah lemak non jenuh, seperti pada ikan salmon atau putih telur. Lemak jenuh bisa ditemukan pada keju dan es krim.
  6. Batasi gula dan garam
    Penggunaan garam yang berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi pada wanita menopause.
  7. Kurangi kafein, alkohol, dan makanan pedas untuk mencegah terjadinya gejolak panas yang tiba-tiba pada wanita menopause.
  8. Konsumsi isoflavon
    Isoflavon banyak terdapat pada tumbuhan, seperti pada gandum dan kacang/ buncis. Isoflavon mampu meringankan simtom menopause seperti gejolak panas dan menurunkan kadar kolesterol.

Tepat memberikan nutrisi yang dibutuhkan wanita menopause dapat menjaga berat badan mereka tetap ideal, sehingga mencegah terjadinya risiko kesehatan yang lebih parah.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.