Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Mitos Seputar Menopause dan Faktanya

Banyak wanita beranggapan bahwa memasuki masa menopause merupakan masa yang tidak menyenangkan dan bahkan cenderung menyiksa. Hal ini makin diperkuat dengan banyaknya mitos yang beredar di masyarakat tentang dampak negatif dari menopause. Padahal sejatinya terdapat beberapa fakta yang kenyataannya berkebaikan dengan mitos seputar menopause yang terlanjur berkembang di masyarakat dan terlanjur dipercaya kebenarannya.

Apa saja mitosnya?

Berikut ini akan disajikan beberapa mitos seputar menopause sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Menopause merupakan akhir dari aktifitas seksual yang menyenangkan. Mitos ini disebabkan karena pengaruh kadar hormon esterogen yang menurun jumlahnya. Penurunan kadar hormon esterogen akan mengakibatkan aktifitas dan daya tarik seksual menurun, seperti mengeringnya kondisi vagina, wajah dan kulit yang mulai berkeriput dan bentuk payudara yang tidak lagi indah.
  • Menopause akan menyebabkan wanita mengalami depresi karena tidak lagi dianggap berguna. Mitos ini timbul seiring dengan banyaknya wanita yang pensiun atau dipaksa pensiun dari tempat kerjanya ketika memasuki umur 50 tahun-an. Pensiun atau dipaksa pensiun merupakan suatu indikasi bahwa kualitas pekerjaan mereka mulai menurun, sehingga eksistensi mereka tidak lagi berguna bagi perusahaan.
  • Menopause merupakan akhir dari kehidupan yang menyenangkan. Mitos ini timbul karena usia terjadinya menopause adalah antara 45-55 tahun, sehingga timbul interpretasi bahwa waktu untuk bersenang-senang sudah habis dan saatnya untuk makin banyak melakukan kebaikan, amal perbuatan, ibadah dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.
  • Bentuk tulang belakang akan mengalami perubahan dan menjadi bungkuk. Mitos ini disebabkan pada saat menopause, wanita akan cenderung mengalami kerapuhan tulang akibat masa tulang yang mulai menurun. Penurunan masa tulang akan menyebabkan tulang belakang menjadi bungkuk dan mudah mengalami keretakan atau patah tulang/fraktur.
  • Resiko peningkatan stroke dan jantung koroner meningkat. Mitos ini timbul akibat penurunan kadar hormon esterogen pada tubuh, sehingga tubuh akan mulai mudah gemuk dan timbunan lemak yang terjadi akan memicu timbulnya penyumbatan arteri darah yang disebabkan oleh naiknya kadar kolesterol total.

 

Inilah faktanya

Beberapa mitos seputar menopause diatas sebenarnya tidak tepat, oleh karenanya berikut ini akan disampaikan beberapa fakta tentang mitos seputar menopause yang terlanjur berkembang di masyarakat sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Walaupun memasuki usia menopause, aktifitas seksual masih bisa dilakukan sebagai wujud cinta kasih dan rasa sayang. Penggunaan jelly pelumas vagina yang berbahan dasar air masih bisa digunakan untuk menunjang aktifitas seksual pasangan.
  • Walaupun sebagian besar merasa depresi ketika dipaksa pensiun dari pekerjaannya, ternyata masih banyak wanita yang tetap berkreasi pada usia di atas 50 tahun, misalnya menjadi aktifis organisasi keagamaan atau justru membuka lapangan kerja sebagai wirausaha.
  • Walaupun masa bersenang-senang sudah habis, namun faktanya banyak wanita yang merasa bahagia karena dapat rutin melakukan kegiatan ibadah atau keagamaan tanpa mengalami hambatan atau gangguan akibat proses menstruasi, seperti melakukan ibadah haji dan umroh.
  • Waluapun masa dan densitas tulang sudah menurun, namun faktanya hal ini masih dapat diatasi dengan mengkonsumsi susu dengan kadar kalsium tinggi dan ditambahkan konsumsi suplemen dengan kandungan magnesium dan Vitamin D yang tinggi untuk penyerapan optimal kalsium oleh tubuh.
  • Walaupun resiko terserang penyakit seperti stroke dan jantung koroner lebih tinggi, namun faktanya menjaga pola hidup sehat dengan menjauhi makanan berlemak, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buhan yang relatif lebih banyak serta melakukan olahraga rutin dapat mengurangi resiko penyakit mematikan tersebut.

Itulah beberapa mitos dan fakta seputar menopause yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.