Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Minuman Sehat Bagi Penderita Asam Urat

Asam urat memang merupakan penyakit yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat, dan jika mengalami hal tersebut, maka sebaiknya memulai untuk mengetahui Minuman Sehat Bagi Penderita Asam Urat. Ya, penderita asam urat tidak banyak harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, tetapi juga minumannya. Hal ini karena ternyata ada beberapa jenis minuman yang dapat membuat kondisi asam urat menjadi lebih parah. Sebaliknya, ada juga beberapa minuman yang justru dapat digunakan dalam diet dan terapi penyembuhan asam urat.

 

Mengenal Asam Urat

Asam urat adalah istilah yang digunakan masyarakat luas untuk sebuah penyakit yang dipengaruhi oleh tingkat asam urat yang tinggi di dalam tubuh. Sebenarnya, asam urat adalah sisa dari proses metabolisme zat yang dinamakan purin dan berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penyakit ini dikenal juga dengan sebutan GOUT. Dalam proses metabolisme, ginjal bertugas sebagai organ yang mengatur kadar zat purin yang terdapat dalam tubuh. Penyakit asam urat muncul saat kadar zat berlebihan dan ginjal tidak mampu mengaturnya dengan cara mengeluarkan kelebihan asam urat tersebut bersama dengan urine. Saat inilah terjadi penumpukan zat purin dan menjadi asam urat yang mengkristal di daerah persendian dan mengakibatkan radang. Inilah yang menyebabkan para penderita penyakit asam urat merasakan nyeri sendi yang kadang tidak tertahankan. Zat purin didapat tubuh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Zat ini berasal dari makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Selain itu, beberapa sayuran dan buah-buahan juga ada yang mengandung zat purin dengan kadar berbeda-beda. Pada kondisi normal atau karena penyakit tertentu, zat purin juga dihasilkan dari perusakan sel tubuh. Penyakit asam urat umumnya lebih banyak menyerang kaum laki-laki dibandingkan dengan kaum perempuan. Kelompok usia yang umumnya terserang penyakit asam urat adalah kelompok usia lanjut dan menjadi semakin parah seiring bertambahnya umur.

 

Mengenal Gejala Asam Urat

Karena adanya penumpukan dan pengkristalan zat purin di daerah persendian, maka daerah sendi menjadi terasa nyeri. Inilah gejala utama dari penyakit asam urat. Rasa nyeri, linu, dan kesemutan pada bagian persendian sering dirasakan oleh orang yang sudah berusia lanjut, namun seringkali tidak dianggap sebagai gejala asam urat, melainkan gejala rematik yang biasa menyerang orang lanjut usia. Rasa sakit ini umumnya timbul pada malam hari atau saat bangun di pagi hari. Persendian bagian lutut, jari-jari, bahu, punggung, siku, dan pinggul merupakan bagian-bagian yang sering diserang rasa sakit akibat penumpukan dan pengkristalan zat purin atau dikenal sebagai penyakit asam urat. Rasa sakit pada sendi pada penyakit asam urat ini terjadi secara berulang, tidak hanya satu kali. Maka dari itu seringkali mengganggu aktivitas penderitanya dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Sendi yang diserang rasa sakit akibat penyakit asam urat akan tampak kemerahan dan bahkan membengkak. Pada kasus asam urat yang telah kronis rasa sakitnya sangat luar biasa dan bertahan selama beberapa jam, bahkan beberapa hari. Jika ini terjadi biasanya penderitanya tidak akan bisa bergerak apalagi menjalani aktivitasnya seperti biasa karena sangat mengganggu. Perlu diingat bahwa karena gejala asam urat sering disalahartikan sebagai gejala rematik biasa, banyak orang yang baru menyadari bahwa mereka terserang penyakit asam urat setelah penyakit tersebut mencapai tahap kronis. Pada kasus-kasus seperti ini, penyembuhan penyakit asam urat menjadi cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu sebaiknya perlu selalu waspada terhadap gejala-gejala penyakit asam urat dan segera memeriksakan diri apabila mulai merasakannya agar pengobatan dapat dilakukan sesegera mungkin.

 

Minuman Untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat harus selalu menjaga asupan makan dan minumannya agar penyakit tersebut tidak bertambah parah. Asupan air putih dalam sehari harus selalu diperhatikan karena sangat penting untuk membantu ginjal dalam melepaskan kelebihan kadar purin dalam tubuh melalui urine. Mengkonsumsi air putih sebanyak kira-kira 10-12 gelas sehari sangat dianjurkan untuk para penderita penyakit asam urat. Selain air putih, terdapat pula beberapa minuman yang menyehatkan dan membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Salah satunya adalah jus semangka. Citrullus vulgaris merupakan bahasa latin dari buah semangka dan buah ini termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Buah semangka dapat berfungsi sebagai diuretik karena mengandung banyak air. Untuk itu buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat karena mampu membantu eksresi zat purin yang berlebihan dan dilepaskan bersama urine. Cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan buah semangka segar yang tanpa biji atau yang telah dibuang bijinya lalu dipotong-potong kecil. Setelah itu blender hingga halus. Karena semangka mengandung banyak air, maka tidak perlu ditambahkan air saat memblendernya.  Jus semangka ini diminum setiap hari sebanyak 1 gelas, tiga jam setelah makan siang. Jus jeruk nipis juga bisa dijadikan pilihan untuk penyembuhan penyakit asam urat. Jeruk nipis juga merupakan diuretik dan berkhasiat membantu menghilangkan pegal linu. Minuman lainnya yang baik bagi penderita asam urat adalah jus kulit manggis. Untuk membuatnya, pilih kulit manggis yang bebas dari getah kuningnya, buang kelopaknya, dan cuci sampai benar-benar bersih. Selamat mencoba beberapa Minuman Sehat Bagi Penderita Asam Urat ini dan semoga bermanfaat

.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.