Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Minum Kopi Berisiko Osteoporosis

Osteoporosis lebih dikenal dengan tulang keropos. Penyakit osteoporosis biasa terjadi di usia lanjut dan banyak terjadi pada wanita. Banyak hal yang menyebabkan Osteoporosis, diantaranya adalah gaya hidup dan asupan makanan yang tidak tepat dan tidak sehat. Diantara pro kontra penyebab osteoporosis, ada yang berpendapat bahwa kopi dapat menyebabkan osteoporosis.

Benarkah minum kopi berisiko osteoporosis? Siapa bilang? Banyak yang mengklaim bahwa para pencinta kopi akan lebih mudah terserang osteoporosis. Kafein pada kopi dipercaya menyebabkan peningkatan pembuangan kalsium. Bagi Anda para penggila kopi tentu merasakan bahwa setelah mengonsumsi kopi, Anda akan mudah buang air kecil. Proses ini dipercaya banyak membuang kalsium. Selain itu, kafein dalam kopi dipercaya membuat penyerapan kalsium menjadi terbatas sehingga kebutuhan kalsium pada tulang tidak terpenuhi.

Akan tetapi, sebuah penelitian telah dilakukan oleh lembaga Osteoporosis Internasional untuk mengetahui hubungan kopi dan risiko osteoporosis. Berdasarkan penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi, seperti pada teh dan cokelat, tidak memiliki peran yang besar dalam pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Para pencinta kopi masih bisa menikmati kopi mereka 4-5 gelas per hari tanpa perlu mengkhawatirkan kepadatan tulang mereka. Berdasarkan banyak penelitian, 100 gram kafein dalam kopi memang akan membuang 2-3 miligram kalsium dalam tubuh, akan tetapi dengan menambahkan 1-2 sendok susu dalam kopi Anda akan menetralkannya. Namun, pada wanita hamil konsumsi kopi memang harus dibatasi karena kebutuhan kalsium pada wanita hamil cukup tinggi.

Penelitian lain juga dilakukan oleh Preventive Medicine pada tahun 2000. Mereka meneliti 177 wanita sehat berumur 19-26 tahun yang mengonsumsi 100 miligram kafein tiap harinya. Berdasarkan penelitian tersebut mereka tidak menemukan adanya pengurangan kepadatan tulang. Pada tahun 2002 Journal of the American College of Nutrition juga meneliti wanita menopause untuk menemukan apakah minum kopi berisiko osteoporosis. Namun mereka tetap tidak menemukan pengaruh kafein terhadap pengurangan kepadatan tulang.

National Osteoporosis Foundation menyatakan bahwa minum kopi akan berisiko osteoporosis bila Anda memang sudah mengalami pengurangan kepadatan tulang, atau osteoporosis. Namun, kafein dalam kopi tidak akan menimbulkan osteoporosis selama Anda mengonsumsi kalsium yang cukup dari makanan dan minuman Anda yang lain. Selain itu, gaya hidup seperti kurang olahraga dan merokok justru lebih memicu osteoporosis dibandingkan konsumsi kopi.

Jadi, bagi pecinta kopi jangan khawatir, anda masih bisa menikmati kopi tanpa takut berisiko terkena osteoporosis asal dibarengi dengan gaya hidup sehat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.