Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Menu Diet Khusus di Bulan Puasa

 

Puasa sudah semakin dekat. Bagi umat yang menjalankan tentu saja harus sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Selain mempersiapkan rohani tentu saja fisik juga harus dipersiapkan. Ibadah puasa memiliki inti berlatih menahan nafsu, yang dimanifestasikan secara utama dalam hal menahan lapar dan dahaga. Terkait dengan menahan makan dan minum, pastinya butuh menu diet puasa secara special. Diet special bukan berarti harus pantang makanan tertentu, melainkan menyusun daftar menu yang cocok. Cocok dalam hal ini menimbang masalah kesehatan tentunya.

Adapun menu yang tepat untuk puasa adalah sebagai berikut :

Menu sahur

Makan sahur terjadi sebelum individu menjalankan puasa. Jadi menu yang diharapkan adalah yang dapat tahan lama di dalam tubuh selama proses metabolisme tanpa asupan tambahan di siang hari. Menunya adalah sebagai berikut :

  1. Nasi, sayur, lauk tempe atau tahu atau daging, satu gelas susu, buah pisang dan minum air putih minimal 3 gelas. Buah pisang menjadi andalan menu sahur karena pisang mengandung kalium yang dapat menstabilkan energi sehingga individu kuat menjalankan ibadah puasa tanpa tubuh lemas. Air putih harus cukup supaya siangnya tidak kekurangan air.
  2. Minum air kelapa muda setelah makan juga membantu menambah vitalitas. Air kelapa muda mengandung banyak ion penting bagi tubuh seperti natrium, fluor, oksigen, kalium yang mampu meningkatkan stamina.

Menu Berbuka

Pada saat berbuka tubuh sudah dalam kondisi setelah puasa, sehingga lambung telah kosong atau minimal persediaan makanan dalam lambung sudah menipis. Nah pada kondisi ini sebaiknya menu diet puasa didahului dengan makanan atau minuman manis seperti kurma, kolak, es dawet yang manis. Gula penting bagi kondisi berbuka karena dapat mensuplai energi baru. Pada waktu berbuka, makan nasi sebaiknya dilakukan setelah makanan pembuka. Buah yang tepat diberikan adalah yang berkadar air tinggi seperti semangka, papaya, mangga dan jeruk. Buah yang terlalu masam sebaiknya dihindari karna dapat menambah kondisi asam dalam lambung dan dikhawatirkan dapat meningkatkan irtasi dinding lambung.

Demikian contoh menu diet puasa yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan diucapkan selamat melaksanakan ibadah Ramadhan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.