Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Meningkatkan Daya Ingat Dengan Olahraga

Memiliki kecerdasan dan daya ingat tinggi? Siapa yang tidak mau? Memiliki kecerdasan dan daya ingat yang tinggi atau brilian bisa disebabkan beberapa faktor. Menurut salah satu jurnal kesehatan yang pernah diterbitkan oleh tim peneliti Inggris, kecerdasan dan daya ingat yang tinggi disebabkan oleh banyaknya sinapsis konektor yang terhubung antar nukleon dalam inti syaraf pengingat antara satu dengan yang lain. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa banyaknya sinapsis yang terbentuk bisa dipicu oleh faktor keturunan, asupan protein tertentu dan sirkulasi oksigen yang lancar. Agar sirkulasi oksigen dalam tubuh lancar, salah satunya didapat dari berolahraga. Jadi jelaslah bahwa ternyata meningkatkan daya ingat dengan olahraga merupakan salah satu solusi mudah untuk meningkatkan kecerdasan, demikian kesimpulan jurnal penelitian.

Olahraga yang Bagaimana?

Meningkatkan daya ingat dengan olahraga, memang merupakan cara termudah untuk meningkatkan kecerdasan, namun jenis olahraga yang bagaimana yang bisa meningkatkan daya ingat? Berikut ini kriteria jenis olahraga yang bisa meningkatkan daya ingat, sebagaimana tercantum dalam jurnal tersebut, yaitu:

  • Jogging dan lari. Jogging dan lari merupakan jenis olahraga yang mengaktifkan semua sel-sel tubuh, sehingga transportasi oksigen dan jenis protein tertentu pemicu jumlah sinapsis konektor akan beredar melalui pembuluh darah menuju ke otak.
  • Senam dan renang. Senam dan renang juga mampu mengaktifkan semua sel-sel tubuh, sehingga sistem sirkulasi dan transportasi darah menjadi lancar.
  • Treadmill. Treadmill yang digunakan sebagai sarana berlari memang bisa memicu lebih banyak sirkulasi darah menuju ke otak, namun faktor kemungkinan terserang cedera otot bisa lebih besar dibandingkan jogging atau lari.
  • Berlari sambil mengingat. Berlari dalam sebuah labirin besar, barangkali merupakan olah raga yang paling efekttif untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat, karena bagian kognitif otak juga ikut berkembang.

Sebagai kesimpulan, meningkatkan daya ingat dengan olahraga bisa saja dilakukan dengan memperhatikan jenis olahraga yang hendak dilakukan. Tidak semua jenis olahraga bisa membantu meningkatkan kecerdasan. Sebagai contoh, olahraga angkat beban dan sejenisnya, hanya mampu meningkatkan asupan oksigen dan protein tertentu ke dalam tingkat sel otot saja dan tidak sampai menuju ke otak. Oleh karenanya, rajin berolahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingat. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.