Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Mengetahui Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Oleh karena sembelit dapat menyerang siapa saja dari segala usia, termasuk bayi, maka mengetahui cara mengatasi sembelit pada bayi sangatlah penting. Sembelit biasa juga disebut sebagai penyakit sulit buang air besar atau juga biasa dikenal dengan istilah konstipasi. Sembelit pada orang dewasa dapat disebabkan kurang makanan berserat, berbeda dengan sembelit yang dialami oleh bayi.

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Sebelum menyatakan bahwa seorang bayi sulit melakukan BAB atau mengalami sembelit, seharusnya kita tahu frekuensi buang air besar yang normal pada bayi tersebut. Normalnya, seorang bayi memiliki frekuensi buang air besar sebanyak empat hingga sepuluh kali sehari, bahkan bila bayi mengkonsumsi Air Susu Ibu yang eksklusif, dia bisa buang air besar sampai 12 – 15 kali setiap harinya. Mungkin yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua adalah apakah kotoran yang dikeluarkan bayi tersebut keras atau tidak dan apakah bayi mengalami kesulitan ketika melakukan buang air besar.

Mengetahui Lebih Dalam Tentang Sembelit pada Bayi

Bila seorang bayi melakukan BAB berulang kali dalam sehari, itu karena enzim dalam pencernaannya masih belum bekerja dengan sempurna. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, frekuensi BAB seorang bayi akan berangsur-angsur normal. Yang terpenting bagi orang tua adalah harus memperhatikan konsistensi frekuensi BAB bayi tersebut.

Keterkaitan antara buang air besar dengan ASI eksklusif adalah seorang bayi yang mendapatkan air susu ibu eksklusif jarang mengalami kesulitan buang air besar. Ini dikarenakan kandungan enzim pada ASI memiliki komposisi yang sudah sesuai dengan kondisi fisik serta kebutuhan bayi. Sehingga, bayi yang mengalami susah buang air besar biasanya adalah bayi yang sudah mulai minum susu formula dan mengkonsumsi makanan pendamping.

Langkah Dalam Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

Menambahkan air pada takaran susu formula yang biasanya dikonsumsi dapat mengurangi dan mencegah sembelit. Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa pemberian air tersebut seharusnya dilakukan secara berkala. Kemudian, pemberian jus buah encer juga bisa dilakukan jika bayi sudah menginjak usia empat bulan. Selain masalah susu dan jus buah, olahraga yang tepat atau khusus juga dapat membantu mengatasi sembelit pada bayi. Olahraga tersebut dapat dilakukan dengan menekuk lutut bayi ke arah perut dengan lembut beberapa kali setiap hari. Memandikan bayi dengan air hangat juga bisa membantu mengatasi sembelit pada bayi. Kemudian, perlu juga dioleskan minyak bayi ke daerah dubur bayi.

Demikian mengenai cara mengatasi sembelit pada bayi. Bila sembelit pada bayi Anda masih berlanjut, segara hubungi dokter untuk mendapatkan keterangan dan pengobatan lebih lanjut.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.