Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Mengenali Ciri-ciri Penyakit Campak Pada Ibu Hamil

Waspadai campak pada ibu hamil sebab bisa memberikan pengaruh pada perkembangan janin yang dikandungnya. Pengaruh campak diyakini tidak akan terlalu berbahaya pada bayi, namun, tetap saja sedikit atau banyak pengaruh tetaplah menjadi salah satu kewajiban ibu untuk menjaga tumbuh kembang bayi dengan baik.

Ibu hamil, harus mengenali ciri-ciri campak yang menghinggapinya agar bisa melakukan perawatan sejak dini. Munculnya bercak-bercak merah pada kulit merupakan ciri-ciri campak yang mudah dikenali. Akan tetapi sebelum muncul ruam-ruam merah, ada beberapa karakteristik dari campak yang perlu dikenali dan ditangani, terlebih pada ibu hamil, agar ibu dan janin dalam kandungannya tetap selamat. Mengenali ciri-ciri campak pada ibu hamil sebaiknya tidak hanya dikuasai oleh ibu, tapi juga oleh ayah dan keluarga terdekat. Ibu hamil kerapkali tidak ‘care’ dengan kondisinya karena terlalu sibuk memikirkan keadaan di dalam perut, nah, peran keluarga untuk menjaga kondisi sang ibu adalah salah satu bentuk perhatian yang penting dilakukan.

Ada ciri-ciri campak pada ibu hamil yang bisa diwaspadai sejak dini. Campak biasanya diawali dengan beberapa simtom. Simtom yang biasanya terjadi adalah demam yang disertai batuk dan pilek, serta munculnya bintil-bintil putih dengan bagian tengah berwarna merah. Pada beberapa pasien juga disertai diare, mata sensistif terhadap cahaya yang sangat terang, mata merah dan berair, badan terasa nyeri, dan mudah lelah. Simtom-simtom ini nampak seperti sakit panas biasa.

Akan tetapi, dalam hitungan hari, akan mulai muncul ruam atau bercak merah pada bagian wajah. Ruam-ruam ini menjadi ciri campak yang jelas pada ibu hamil. Ruam-ruam ini akan mulai menyebar ke bawah, mulai dari leher, tangan, perut, dan kaki. Bersamaan dengan menyebarnya ruam-ruam tadi, simtom awal akan menjadi lebih parah. Suhu tubuh akan naik lagi mencapai 400C. Kondisi ini harus diwaspadai. Suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat membahayakan janin.

Mengenali ciri-ciri campak pada ibu hamil sebenarnya lebih pada melindungi janin yang masih sangat lemah dan mudah terpengaruh pada kondisi kesehatan ibu. Mengenali ciri-ciri sejak dini dapat mencegah terjadinya kelahiran prematur, cacat pada bayi, serta keguguran. Dengan mewaspai ciri-ciri tadi, ibu hamil, terutama ibu hamil yang belum pernah campak, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter saat gejala awal mulai muncul.Selain suhu tubuh yang meningkat, simtom awal pun akan menjadi lebih parah, seperti pilek dan batuk, diare, dan pusing. Dalam waktu 3-4 hari, kondisi ibu akan membaik. Suhu tubuh mulai menurun dan simtom awal pun mulai membaik. Dalam waktu 4-7 hari ruam yang muncul akan mulai menghilang perlahan.

Nah, kenali ciri-ciri campak pada ibu hamil dengan baik dan segeralah melakukan perawatan sejak dini.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.