Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Mengenal Sistem Pencernaan Pada Manusia

Mengenal sistem pencernaan pada manusia dimulai dengan mengenal organ pencernaan, yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Masing-masing organ memiliki fungsi berbeda, dengan tujuan utama untuk mengolah makanan menjadi senyawa yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Kenali sistem pencernaan yang Anda miliki untuk selanjutnya mempergunakannya dengan baik agar tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

Rangkaian alat pencernaan dimulai dari mulut. Mulut menjadi awal terjadinya proses merasakan bentuk hingga rasa makanan yang kita santap. Maka ada istilah dari mulutlah nafsu itu dimulai. Makanan yang enak kerapkali membuat mulut tidak mau berhenti memakan suatu makanan walau mungkin perut sudah merasa kenyang. Tidak heran perut ada yang kekenyangan hingga susah berdiri. Semua berawal dari mulut.

Di dalam rongga mulut, dipotong, dikoyak dan digiling dengan bantuan gigi. Lidah berperan untuk mengatur letak makanan di dalam rongga mulut serta mengecap rasa makanan. Selain pengolahan secara mekanik, di dalam mulut juga terjadi proses kimiawi dengan bantuan enzim. Dari rongga mulut, makanan melalui kerongkongan menuju lambung. Di dalam lambung terjadi pengolahan makanan secara mekanik dan kimiawi dengan bantuan asam lambung dan enzim-enzim lainnya. Dari lambung, makanan menuju usus halus, di mana di sana terjadi penguraian makanan dengan bantuan enzim dan penyerapan saripati makanan ke dalam sel darah. Makanan yang tidak tercerna akan diteruskan ke usus besar, di mana sisa makanan akan diurai oleh bakteri Escherichia coli. Dinding usus besar akan menyerap air berlebih, dan sisa makanan kemudian diteruskan ke rektum sebelum dibuang melalui anus.

Mengenal sistem pencernaan pada manusia juga termasuk mengenal enzim pencernaan dan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pencernaan yang terletak di mulut, lambung, usus halus, hati, pankreas, dan empedu. Di rongga mulut, terdapat enzim amilase yang mengurai karbohidrat menjadi senyawa gula sederhana. Di dalam lambung terdapat asam klorida yang mengaktifkan enzim pepsinogen dan berfungsi sebagai disinfektan, enzim pepsinogen yang mengurai protein, dan enzim lipase yang mengurai lemak. Di dalam usus halus, terdapat senyawa yang diproduksi usus halus seperti disakarida, hormone sekretin dan hormon kolesistokinin, serta senyawa yang diproduksi pankreas seperti amilase yang mengurai karbohidrat, lipase yang mengurai lemak, dan hormon insulin yang menurunkan kadar gula dalam darah menjadi normal.

Dengan mengenal sistem pencernaan pada manusia dan cara kerjanya, diharapkan dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Kenali sistem pencernaan di tubuh Anda dan mulailah merawatnya dengan baik untuk menghindari beragam gangguan pencernaan yang bisa menimbulkan beragam penyakit berbahaya. Selamat menjaga tubuh sehat Anda.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.