Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Mengenal Penyebab Menstruasi yang Sedikit

Menstruasi sedikit terkadang dialami oleh banyak wanita. Biasanya hal ini terjadi dengan timbulnya flek-flek saja, maka anda perlu untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lengkap sehingga anda pun akan tahu penyebabnya. Sebenarnya, siklus menstruasi yang normal mempunyai rentang waktu sekitar 21 – 35 hari dan 2 – 8 hari. Itu adalah waktu dimana seorang wanita mengeluarkan darah menstruasi sebanyak 20 – 60 ml per hari. Jadi, jika siklus menstruasi seorang wanita dan juga volume darahnya sesuai seperti yang disebutkan diatas, maka siklus bulanannya tergolong normal. Tetapi, jika tidak sesuai, maka dapat disimpulkan bahwa wanita tersebut mempunyai sedikit masalah dengan menstruasinya. Langkah paling mudah untuk mencari tahu penyebabnya adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang, misalnya dengan memeriksakan hormon di laboratorium atau melakukan pemeriksaan USG. Jadi, anda dapat berkonsultasi kepada dokter kandungan dan spesialis kebidanan untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Masalah Menstruasi Yang Umum Terjadi Kepada Wanita

Sebenarnya, masalah umum yang dihadapi oleh wanita tentang siklus menstruasi adalah rentang hari yang terlalu lama, atau bahkan tidak mengalami menstruasi dalam jangka waktu lama disaat masih usia subur. Tetapi, jika darah menstruasi yang keluar sedikit, maka dimungkinkan terjadi gangguan yang perlu penanganan medis agar anda tahu penyebab dan cara mengatasinya sebelum terlambat. Sebenarnya, ada penyebab yang perlu anda kenali. Pertama, mungkin saja hal ini termasuk gangguan yang timbul sejak lahir, atau disebabkan oleh faktor lain seperti penggunaan alat KB atau faktor kehamilan. Keadaan ini umum terjadi pada anak remaja yang masih mengalami masa pubertas, saat wanita menyusui, atau bahkan saat menjelang menopause. Jadi, saat masa tersebut hadir, biasanya wanita mengalami menstruasi sedikit dan ini pun umum terjadi.

Penyebab Terjadinya Menstruasi Yang Sedikit

Hampir sebagian besar wanita akan merasa bingung dan resah ketika darah menstruasinya terlalu banyak, atau bahkan terlalu sedikit. Namun, hal ini sebenarnya wajar karena menstruasi ini erat kaitannya dengan kadar hormonal dan dialami oleh mereka yang masih menjalani masa pertumbuhan dan semua fungsi tubuh serta fungsi reproduksi menjalani penyempurnaan untuk lebih baik lagi. Jadi, jika tiba-tiba volume menstruasi anda tiba-tiba berubah drastis menjadi terlalu sedikit, anda tidak perlu langsung panik karena anda harus memastikan jumlah hari menstruasi. Misalnya, jika anda menstruasi 5 hari dengan volume darah yang banyak, maka jika tiba-tiba darah menstruasi menjadi sedikit dengan rentang waktu menstruasi masih tetap 5 hari, maka apa yang anda hadapi masih tergolong normal. Hal ini pun dibenarkan oleh ahli kesehatan karena satu hal yang penting dan perlu wanita ketahui adalah bahwa saat atau waktu menstruasi, dan bukannya volume darah. Jadi, jumlah hari menstruasi-lah yang perlu anda perhatikan. Jika dilihat secara medis, maka lamanya menstruasi yang normal adalah selama 3 – 10 hari. Dan jika volume darah berkurang, maka bisa saja ini dipengaruhi oleh pola hidup yang telah terganggu seperti faktor kelelahan, sakit, dan kurang tidur. Dan saat pola hidup normal kembali, maka anda tidak akan mengalami lagi menstruasi sedikit.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.