Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Mengenal Penyakit Kulit pada Wajah

Ada beberapa macam-macam penyakit kulit, tetapi yang paling sering mendapat sorotan adalah penyakit kulit yang menyerang wajah. Di sinilah pentingnya mengenal penyakit kulit pada wajah. Meski memiliki luas permukaan yang kecil, penyakit kulit pada wajah amat riskan karena di sanalah terdapat bagian-bagian tubuh yang langsung berhubungan dengan bagian dalam tubuh. Bagian-bagian tubuh itu adalah mulut, hidung, mata, dan telinga.

Selain itu, bagian wajah cenderung amat diperhatikan karena berkaitan dengan penampilan seseorang, lebih-lebih bagi kaum wanita. Kaum wanita menganggap wajah adalah aset yang harus dijaga berkaitan dengan fungsinya dalam bersosialisasi, khususnya berhubungan dengan lawan jenis. Tak jarang mereka rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit meski apa yang dialaminya di wajah bukanlah bentuk dari penyakit. Sebut saja dalam hal ini adalah operasi plastik.

Penyakit kulit yang umum menyerang wajah, terutama pada masa akil baligh sampai dewasa adalah jerawat atau acne. Jerawat dapat tumbuh pada bagian tumbuh yang banyak mengandung minyak. Jadi, selain di daerah wajah, jerawat juga dapat muncul dan tumbuh di daerah dada dan punggung. Jerawat muncul akibat tersumbatnya pori-pori kulit sehingga minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak tidak dapat keluar dengan baik. Pada kondisi normal, minyak ini berfungsi untuk melembabkan kulit dan melindungi dari sinar matahari.

Ada juga jenis jerawat lain yang muncul pada wajah, yaitu komedo. Komedo disebut juga sebagai jerawat berkepala hitam. Sedangkan jerawat yang muncul pada masa pubertas tidak perlu dikhawatirkan karena itu adalah efek dari siklus hormonal yang biasanya akan hilang dengan sendirinya. Selain jerawat juga ada bisul. Bisul adalah penyakit yang muncul akibat adanya infeksi bakteri pada bagian kulit. Bisul berupa benjolan yang berisi cairan kuning yang disebut nanah.

Dengan mengenal penyakit kulit pada wajah seperti yang telah dijelaskan di atas, diharapkan Kita lebih menjaga kebersihan kulit. Ada banyak penyebab yang menimbulkan adanya penyakit kulit tersebut. Beberapa di antaranya adalah infeksi jamur, infeksi bakteri, reaksi alergi (alergi kulit), dan bahkan gigitan serangga. Penyakit kulit juga dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal. Dan tidak jarang, antara penyakit kulit yang satu bisa memunculkan penyakit kulit lainnya. Dari yang tidak dapat terlihat sampai yang bisa berakibat fatal hingga dapat menyebabkan kematian.

Yang patut diwaspadai adalah penyakit kulit yang awalnya tidak membahayakan dan tidak ditangani dengan tepat malah berakibat membahayakan. Misalnya saja kanker kulit. Meski pada umumnya penyakit kanker kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari, khususnya sinar ultraviolet, tetapi harus diwaspadai dari efek lainnya seperti penyakit kulit biasa yang tidak cepat ditangani.

Semoga dengan ada penjelasan di atas, kita semua makin mengenal penyakit kulit pada wajah dan tahu bagaimana cara pencegahan maupun pengobatannya. Selamat berbahagia.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.