Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

Penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang sangat ditakuti. Faktor terjadinya penyakit jantung macam-macam, bisa disebabkan karena gaya hidup, keturunan dan penyakit jantung bawaan. Apakah penyakit jantung bawaan? Mari mengenal penyakit jantung bawaan pada anak lebih jauh. Penyakit jantung bawaan atau PJB adalah kelainan ada formasi jantung atau pembuluh aorta yang terjadi saat bayi baru saja dilahirkan. Meski presentasi terjadinya jantung bawaan ini kecil yakni hanya 1 persen, namun tidak boleh dianggap remeh.

Asal mula penyakit jantung bawaan ini biasanya dari ibu kandung bayi.  Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung bawaan ini. Kromosom tidak normal, faktor keturunan, Ibu mengidap penyakit tertentu, saat hamil Ibu mengkonsumsi obat-obatan tertentu berdosis tinggi, Ibu sering mengkonsumsi alkohol dan merokok saat hamil.

Pada usia janin 4 minggu di dalam kangungan, jantung akan membentuk struktur kantong tunggal yang akan tumbuh seiring berjalannya usia kehamilan. Di dalam kandungan, oksigen dan karbondioksida akan melewati plasenta sehingga kelainan jantung saat itu tidak bermasalah pada bayi. Makin penasaran untuk mengenal penyakit jantung bawaan pada anak selanjutnya?

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan pada AnakKelainan jantung pada bayi sebenarnya dapat di deteksi sejak dini, kontrol kehamilan dapat menjadi indikasi awal ada tidaknya kelainan dari detak jantungnya, namun baru akan terlihat setelah bayi dilahirkan. Ciri-ciri bayi yang menderita penyakit jantung bawaan adalah kesulitan menyusui karena nafas pendek, gangguan pertumbuhan, kulit membiru, muncul suara bising dari mulut bayi ketika bernafas dan ketidaknormalan detak jantung.

Ada 4 jenis penyakit jantung bawaan yang sering dialami anak-anak.

  1. Sekat serambi jantung berlubang
    Istilah medis penyakit jantung bawaan ini adaah Astrial Septal Defect (ASD) yakni adanya lubang di antara dua serambi jantung  yang menyebabkan darah yang berisi oksigen kembali ke paru-paru.
  2. Penyempitan katup kayu atau Pulmonary stenosis (PS)
    Katup paru berfungsi mengatur aliran darah dari bilik kanan jantung ke paru-paru. Tapi karena terjadi penyempitan katup maka bilik kanan bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah sehingga terjadi pembesaran secara bertahap.
  3. Tetralogi fallot (TOF)
    Kelainan jantung ini merupakan komplikasi dari penyakit jantung bawaan, ciri yang paling mencolok adalah kulit bayi membiru karena kurangnya pasokan oksigen.
  4. Sekat bilik jantung berlubang (VSD)
    Kelainan jantung ini diakibatkan adanya lubang pada sekat antarbilik jantung sehingga mengakibatkan kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung. Kebocoran ini mengakibatkan sebagian darah yang mengandung oksigen kembali ke paru-paru.

Penyakit jantung bawaan yang terjadi pada anak dengan pertumbuhan anak ada yang dapat sembuh dengan sendirinya bila lubang kebocoran kecil dan letaknya tidak mempengaruhi kinerja jantung lebih jauh. Untuk anak yang menderita penyakit jantung bawaaan dengan lubang yang lumayan besar dan tidak memungkinkan untuk menutup dengan sendirinya, jangan kuatir operasi bisa menjadi jalan keluarnya. Dengan mengenal penyakit jantung bawaan pada anak, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi pengobatan sesuai dengan keadaan anak Anda.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.