Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Mengenal Batuk Psikogenik

Batuk psikogenik (psychogenic cough) disebut juga batuk kebiasaan (habit cough). Mengenali sinonim batuk psikogenik adalah salah satu cara sederhana untuk mengenal batuk psikogenik.

Meskipun demikian, pada beberapa literatur, adakalanya batuk psikogenik dibedakan dengan batuk kebiasaan. Batuk kebiasaan terkadang juga disebut sebagai “nervous tic” sedangkan batuk psikogenik terkadang diacu sebagai gangguan konversi (conversion disorder) atau sering dianggap sebagai batuk pura-pura atau seolah-olah batuk (the cough of a malingerer).

Mengenal Batuk Psikogenik Pada Penderita Dewasa

Pada orang dewasa yang menderita batuk kronis atau batuk menahun, maka diagnosis batuk psikogenik atau batuk kebiasaan hanya dapat dibuat setelah evaluasi ekstensif (pemeriksaan menyeluruh yang paripurna, cermat, mendetail, dan komprehensif) dilakukan oleh tim medis.
Dokter penanggung jawab harus telah menyingkirkan dugaan adanya atau kemungkinan penderita dewasa tersebut menderita gangguan tic dan berbagai penyebab lainnya yang tidak umum. Selain itu, batuk juga bertambah baik atau menghilang dengan terapi spesifik seperti modifikasi perilaku (behavior modification) atau terapi psikiatris yang hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis jiwa (psikiater) atau dokter yang telah bersertifikasi khusus.

Mengenal Batuk Psikogenik Pada Penderita Anak-Anak

Pada anak-anak yang menderita batuk kronis atau batuk menahun, maka diagnosis batuk psikogenik atau batuk kebiasaan hanya dapat dibuat setelah evaluasi ekstensif (pemeriksaan menyeluruh yang paripurna, cermat, mendetail, dan komprehensif) dilakukan oleh tim medis.
Dokter penanggung jawab harus telah menyingkirkan dugaan adanya atau kemungkinan penderita anak-anak tersebut menderita gangguan tic, sindrom Tourette, dan berbagai penyebab lainnya yang tidak umum. Selain itu, batuk juga bertambah baik atau menghilang dengan terapi spesifik seperti modifikasi perilaku (behavior modification) atau terapi psikiatris yang hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis jiwa (psikiater) atau dokter yang telah bersertifikasi khusus.

Mengenal batuk psikogenik pada anak-anak juga mudah dilakukan oleh orang tua. Biasanya anak-anak sering tiba-tiba batuk tanpa penyebab yang jelas setelah mendapatkan tugas atau menemui kondisi yang tidak nyaman. Batuk psikogenik pada anak-anak ini sebagai respon psikologis anak untuk menghindari tugas atau sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Setelah mengenal batuk psikogenik pada anak-anak, maka merupakan kewajiban orang tua untuk menciptakan kondisi yang nyaman, berupaya menenangkannya, dan membujuknya agar mau kembali bersekolah. Tentunya diperlukan kerjasama yang baik antara orang tua, guru, pengasuh, dokter, dan pembimbing rohani anak tersebut.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.