Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Mengatasi Mata Merah

Gangguan mata merah atau penyakit mata merah ini bisa terjadi oleh sebab yang bermacam-macam. Mengatasinya harus dilihat dari faktor yang menyebabkannya. Ganguan mata merah ini kerap terjadi pada semua kelompok umur, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Tiap sebab yang berbeda, maka berbeda pula cara menyembuhkannya.

Pada artikel kali ini akan dibahas cara yang paling mudah dan gampang dilakukan. Pertama kenali dulu penyebabnya.

Berikut di bawah ada 5 tips penyebab yang dapat dikenali dengan mudah.

  1.  Disebabkan oleh asap
  2.  Kelelahan dan kurang tidur
  3.  Udara kotor dan debu
  4.  Radiasi elektronik dan komputer
  5.  Masuknya benda asing ke dalam mata


Mata merah yang disebabkan oleh asap
– Hal pertama yang harus dilakukan jauhi tempat terjadinya asap tersebut. Setelah itu pejamkan mata dan tetesi mata dengan air mata buatan atau obat mata yang mengandung air mata buatan. Hal ini bertujuan untuk membilas mata dari asap yang masih menempel. Kemudian istirahatkan dengan cara memejamkan mata antara 10-15 menit. Efeknya mata akan berangsur-angsur kembali normal biasanya antara 20-30 menit.

Jika mata merah karena kelelahan dan kurang tidur -  Tidak ada cara lain, segera istirahatkan mata dengan tidur. Dengan cara ini syaraf-syaraf mata akan kembali rileks dan kesegaran mata akan segera pulih kembali setelah tidur yang cukup. Kantung mata yang terjadi akan segera hilang.

Mata menjadi merah yang disebabkan oleh udara kotor dan debu – Dapat diatasi dengan meneteskan air mata buatan atau obat mata ringan yang di jual bebas. Hasilnya akan segera terlihat sekitar 20-30 menit. Mata akan kembali normal dan tidak gatal lagi.

Lain lagi jika mata merah karena radiasi elektronik, komputer dan laptop -  Usahakan mata beristirahat sebentar setelah bekerja 30 menit di depan komputer atau TV. Jaga jarak pandang yang aman dari perangkat elektronik yang digunakan. Atur posisi contrast dan bright pada komputer, laptop dan TV agar memberikan efek dingin pada mata. Kedipkan mata beberapa kali setelah 10 menit berada didepan peralatan diatas. Hal ini akan mengurangi ketegangan syaraf mata.

Sedangkan mata merah karena kemasukan benda asing -  Dapat diatasi dengan mencuci mata menggunakan boorwater dan gelas mata. Setelah itu biarkan mata beristiraht sejenak, jika mata sudah kembali normal, bisa dipakai untuk beraktivitas kembali. Pemakaian boorwater yang sering, perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata. Hal yang penting untuk dihindari adalah menggosok atau mngucek mata dengan tangan. Hal ini bisa berakibat rusaknya lensa mata tergores oleh benda asing yang masuk tadi.

Secara umum selain hal-hal yang telah disebutkan, diatas mata merah dapat dicegah dengan beristirahat yang cukup, hindari asap terutama asap rokok yang membuat mata pedih. Jika mata terasa tidak enak seperti terganjal benda asing, hindari menggosok atau mengucek mata.Apabila cara-cara diatas belum berhasil, segera periksa pada dokter spesialis mata atau ke poli mata yang ada di rumah sakit setempat. Penanganan yang segera dan cepat akan menghindarkan resiko kerusakan mata yang lebih parah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.