Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil

Saat kehamilan memasuki trimester akhir, artinya saat itu perut Anda sudah semakin membesar, Anda akan mengalami berbagai gangguan-gangguan kecil kehamilan salah satunya adalah gangguan sulit tidur atau insomnia. Di masa-masa ini tidur nyenyak akan menjadi barang yang sangat mahal dan sulit dilakukan. Penyebab insomnia pada Ibu hamil diakibatkan oleh banyak faktor, misalnya stres, terlalu lelah, banyak yang Anda pikirkan terutama memikirkan bagaimana persalinan Anda nanti dan kondisi perut yang semakin membesar yang membuat Anda kesulitan mencari posisi yang enak untuk tidur.

Insomnia pada Ibu hamil bisa diatasi lho tapi bukan dengan cara mengkonsumsi obat tidur ya. Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi insomnia pada Ibu hamil.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat selepas beraktifitas di rumah atau sepulang dari kantor akan membuat Anda lebih nyaman. Kucuran air hangat yang mengalir pada tubuh Anda akan membuat otot-otot yang kaku menjadi lebih rileks. Anda bisa menggunakan sabun yang beraroma terapi yang menenangkan. Setelah mandi biasanya Anda akan mulai merasa ngantuk, manfaatkan untuk segera naik ke tempat tidur dan beristirahat.

Berusaha Lebih Rileks

Mengatasi Insomnia Pada Ibu HamilSebagian Ibu hamil terutama wanita yang hamil untuk pertama kalinya akan sibuk dengan pikiran penyambutan persalinan, memikirkan proses persalinan seperti membayangkan proses persalinan, memikirkan kesehatan janin dan lain-lain. Hal itu wajar saja karena itu akan menjadi moment bersejarah dalam hidup Anda. Hanya saja jangan terlalu dipikirkan, semua pasti akan Anda lalui. Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi insomnia pada Ibu hamil adalah bersikaplah lebih tenang, lebih rileks dan jauhkan pikiran-pikiran negatif dari benak Anda. Dalam keadaan rileks maka rasa kantuk akan menyerang Anda, pejamkan mata dan lama kelamaan Anda akan tertidur.

Mendengarkan Musik

Musik memiliki efek yang dahsyat bagi otak dan jiwa Anda. Musik bisa membuat suasana hati Anda senang. Anda tidak harus mendengarkan musik klasik sepanjang kehamilan Anda kok, Anda sesekali bisa mendengarkan musik favorit Anda disela-sela istirahat atau dalam perjalanan menuju atau sepulang dari kantor bahkan ketika Anda mengalami kesulitan untuk tidur. Pilih irama musik yang mengalun pelan dan nikmatilah alunan musik tersebut hingga Anda tertidur.

Posisi Tidur yang Nyaman

Posisi tidur merupakan salah satu hal penting mengatasi insomnia pada Ibu hamil. Posisi tidur yang tidak benar akan membuat Anda gelisah. Pilihlah posisi tidur yang paling nyaman untuk Ibu hamil biasanya dengan tidur menyamping ke kiri karena posisi ini tidak akan mengganggu asupan nutrisi, oksigen atau aliran dari Ibu ke janin. Gunakan bantal kecil untuk menyangga perut Anda.

Jangan Konsumsi Kafein Sebelum Tidur

Bagi Ibu hamil yang menggemari kopi, usahakan untuk tidak minum kopi beberapa jam sebelum tidur. Kafein yang terdapat pada kopi akan memperparah insomnia Anda.

Kamar yang Bersih dan Nyaman

Usahakan kamar dalam keadaan selalu bersih dan nyaman, kamar yang bersih dan nyaman akan membuat suasana hati dan pikiran Anda lebih rileks. Kamar yang bersih dan nyaman akan menjadi “hiburan” kecil bagi Anda selepas melakukan pekerjaan yang melelahkan sepanjang hari.

Selamat istirahat Moms!

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.