Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Memahami Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Psikologi Anak Balita

Apa Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Psikologi Anak Balita?

Masa balita seorang anak merupakan masa yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Pada masa emas ini otak mengalami perkembangan yang sangat pesat dimana jaringan koneksi otak terbentuk dan aktif sehingga mampu menyerap informasi maupun merespon stimulasi baru dengan kecepatan dua kali lebih cepat dari orang dewasa. Karena itu peran orang tua dalam perkembangan psikologi anak balita sangat penting karena akan mempengaruhi perkembangan anak di masa selanjutnya. Pada masa penting ini anak membutuhkan pola asuh dan berbagai stimulasi yang tepat yang akan menentukan tumbuh dan kembang anak termasuk perkembangan tingkat kecerdasan anak itu sendiri. Setiap anak mempunyai kemampuan menyerap informasi baru dan merespon stimulasi baru yang berbeda-beda, karena itulah orang tua harus memahami psikologi anak dalam mengasuh dan mendidik dalam masa pertumbuhannya agar anak dapat terarah dengan benar.

Bagaimana Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Psikologi Anak Balita?

Komunikasi yang baik dengan anak akan membantu perkembangan anak dan mengajari anak untuk mengatasi maupun menghindari konflik. Pada usia balita anak dapat diberikan informasi hubungan sebab akibat yang dasar sehingga membentuk pola berfikir yang semakin rasional pada anak tersebut. Membangun kemandirian anak dalam melakukan hal-hal tertentu juga harus dilatih sejak dini, seperti dalam tengkurap, duduk, berjalan maupun makan yang pada akhirnya seorang anak akan bisa mandiri dan percaya diri dengan apa yang dilakukan sendiri.

Peran orang tua dalam perkembangan psikologi anak balita tidak hanya dengan memberikan pelajaran dengan bahasa yang komunikatif namun lebih dari itu anak akan lebih cepat melihat contoh perilaku dari orang tuanya. Oleh karena orang tua harus berhati-hati dalam berperilaku sehari-hari apalagi saat di depan anak karena semua itu akan terekam dan ditiru oleh anak.

Pada usia balita karakter dan watak seorang anak mulai terbentuk dan akan berkembang dengan pengaruh kondisi lingkungan dan pengalaman yang didapatkan dalam masa perkembangannya itu. Oleh karena itu orang tua harus bijaksana dalam memberikan pola asuh dengan mempertimbangkan dampak positif dan negatif terhadap pembentukan watak dan karakter anak. Memberikan teguran dengan cara yang baik pada saat anak berbuat kesalahan sebaiknya dilakukan orang tua dengan memberikan pengertian mengenai dampak dari tindakan yang dilakukan. Selain itu memberikan pujian pada saat anak bertindak positif akan memberikan motivasi dan percaya diri dalam diri anak sehingga dia akan lebih memahami bagaimana harus bersikap nantinya. Peran orang tua dalam perkembangan psikologi anak balita akan berubah seiring dengan tahap perkembangan dan pertumbuhan psikologi anak.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.