Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Manfaat Probiotik Bagi Pencernaan

Mengetahui apa-apa manfaat probiotik bagi pencernaan bisa sangat berguna bagi kita. Karena dengan begitu, kita dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Sebelum itu, akan lebih baik jika kita mengetahui apakah yang dimaksud dengan probiotik. Probiotik dapat diartikan sebagai mikroorganisme hidup yang tampak seperti flora normal yang habitatnya ada di dalam saluran pencernaan. Probiotik juga biasa disebut sebagai bakteri yang baik. Pada umumnya, probiotik berasal dari dua kelompok spesies, yaitu Bifidobacterium dan Lactobacillus. Akan tetapi, ada juga probiotik yang asalnya adalah dari kelompok Enterococcus, Bacilus, dan Escherichia. Jamur, bakteri, maupun parasit yang menyerang tubuh manusia bisa mengganggu keseimbangan mikroorganisme di dalam tubuh tersebut. Sehingga, bakteri baik yang biasanya hidup di dalam saluran pencernaan bisa dikalahkan oleh mikroorganisme jahat yang muncul dari lingkungan di luar. Jumlah probiotik atau bakteri baik dalam usus bisa juga berkurang dikarenakan penggunaan antibiotik dalam jangka panjang. Dalam keadaan seperti inilah, probiotik memiliki peran untuk mengembalikan keseimbangan mikroorganisme.

Mengetahui Peran Probiotik Lainnya

Selain manfaat probiotik untuk pencernaan, ada beberapa manfaat lain yang juga ditemukan. Probiotik juga dapat membantu menyembuhkan diare secara cepat serta beberapa macam infeksi lainnya. Dengan probiotik, kita dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih agresif saat melawan mikroorganisme yang jahat. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa probiotik memiliki fungsi bagi para penderita radang usus, penyakit Crohn, kolitis ulseratif, dan infeksi Helicoacter pylori, yaitu sebuah bakteri yang menyebabkan luka di lambung dan usus. Probiotik biasa juga ditemukan di dalam tempe, yoghurt, atau pun suplemen yang memiliki kandungan probiotik.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Selain Dari Manfaat Probiotik Bagi Pencernaan

Probiotik memang menunjukkan banyak manfaat terutama bagi pencernaan. Akan tetapi, tidak semua orang diperbolehkan mengkonsumsi probiotik. Orang yang memilki alergi terhadap Lactobacillus, dilarang untuk mengkonsumsi probiotik yang memiliki kandungan Lactobacillus. Selain itu, orang yang daya tahan tubuhnya menurun, seperti para pengidap HIV atau mereka yang menjalani transplantasi organ dianjurkan agar berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi probiotik. Demikian juga dengan para ibu hamil, menyusui, serta pasien lanjut usia. Oleh karena itu, kita harus ingat sebelum mengkonsumsi probiotik, bahwa setiap macam probiotik memiliki efek yang tidak sama. Sehingga, kita perlu berkonsultasi dengan dokter jika kita sedang menjalani pengobatan yang dilarang mengkonsumsi probiotik untuk memperhatikan agar obat yang dikonsumsi tidak berinteraksi atau mengandung probiotik. Jadi, selain mengetahui manfaat probiotik bagi pencernaan, kita harus juga mengetahui hal-hal yang perlu dihindari.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.