Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Menyusui merupakan bentuk cinta kasih ibu kepada bayinya. Memang, beberapa ibu baru masih kesulitan menyusui bayinya, karena menyusui memang membutuhkan proses belajar pada kedua belah pihak. Mungkin sebagian dari Anda menganggap bahwa proses belajar menyusui memang merepotkan dan melelahkan. Namun, tahukah Anda jika menyusui tidak hanya bermanfaat bagi bayi, namun juga bagi sang ibu? Mengenai apa saja manfaat menyusui bagi ibu, simak beberapa ulasan berikut ini :

  1. Mengurangi risiko kanker payudara
    Dengan menyusui, wanita bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara    sebanyak 25 persen.
  2. Mengurangi risiko kanker rahim dan ovarium.
    Penurunan jumlah estrogen selama menyusui mengurangi risiko kanker rahim dan kanker ovarium.
  3. Sebagai alat kontrasepsi
    Menyusui dapat menjadi KB alami karena proses hisapan bayi merangsang hormon prolaktin sehingga mengakibatkan penundaan ovulasi. Hal itu membuat ibu menyusui tidak subur untuk sementara waktu.
  4. Membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan
    Ibu menyusui tidak perlu diet untuk menurunkan berat badan karena dengan menyusui artinya Anda telah berhasil membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari.
  5. Mempercepat kembalinya ukuran rahim
    Dengan menyusui, rahim juga menyusut kembali ke ukuran normal lebih cepat.karena menyusui membantu tubuh melepaskan hormon oksitosin.
  6. Mengurangi risiko osteoporosis
    Selama menyusui, Ibu akan kehilanggan beberapa mineral yang membuat tulang jadi rapuh. Namun setelah proses menyusui selesai, hilangnya mineral tersebut akan segera diisi kembali dan justru lebih padat dari sebelumnya
  7. Menurunkan risiko diabetes
    Bagi wanita yang menderita diabetes, menyusui dapat meningkatkan kesehatan tubuhnya serta memberikan imun kepada anaknya agar kebal dari penyakit diabetes.
  8. Menurunkan Risiko Hipertensi dan Penyakit Jantung
    Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa menyusui sangat bermanfaat bagi jantung wanita. Dalam penelitian tersebut menemukan penurunan terhadap hipertensi sebesar 11 persen dan resiko penyakit jantung sebesar 10 persen.
  9. Menyusui sangat praktis dan ekonomis
    Selain komposisinya yang sempurna, ASI juga sangat praktis dan ekonomis. ASI bisa langsung diberikan tanpa perlu repot-repot mencuci dan mensterilkan botol seperti halnya pada susu formula sehingga membuat ibu dan bayi nyaman dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Dengan mengetahui besarnya manfaat menyusui bagi ibu di atas, semoga semakin banyak ibu-ibu yang termotivasi untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.