Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Manfaat Daun Teh Untuk Kesehatan

Es Teh Manis!! Semua kita mengenalnya… Dari anak-anak sampai kakek nenek jaraaang sekali yang nggak doyan.

Minum, minum dan minum… alangkah lebih bijaknya bila kita meminum teh sambil dapet khasiatnya juga . Karena dari jenis teh yang begitu banyak masing-masing memilliki kandungan dan manfaat yang berbeda pula.

Mariiii…  kita cari tahu macam teh dan manfaatnya:

1. Teh putih

Teh putih tidak sepopuler teh lainnya, namun kandungan antioksidannya paling banyak di antara jenis teh lainnya. Teh putih dipetik dari pucuk daun (menyebabkan produksinya sedikit dan harganya mahal) dan tidak mengalami proses oksidasi. Ssebelum memetiknya daun harus dilindungi dari sinar matahari guna mencegah pembentukan klorofil. Kini teh putih mulai dibuat kemasan teh celup sehingga perlahan-lahan mulai popular.

Meminum teh putih memberikan manfaat : PERAWATAN KULIT, MENCEGAH GIGI KEROPOS.

Kok bisa? Ya, sebab dengan meminum teh putih yang kaya ANTIOKSIDAN maka akan mencegah keriput, menjaga elastisitas kulit kita dan mengurangi efek penuaan dini. Sehingga kulit akan nampak awet muda. Sedangkan ekstrak teh putih, berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri, yang sering ditambahkan pada pasta gigi. Ekstrak teh putih menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, keropos gigi dan pneumonia, juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

2. Teh hijau

Untuk membuat teh hijau, daun teh akan langsung mengalami proses oksidasi begitu usai dipetik. Proses oksidasinya hingga jumlah minimal saja, sehingga kandungan polyfenol masih tinggi, dan daun masih terlihat kehijauan. Oksidasi akan dihentikan dengan dipanaskan, bisa di uap ataupun digongseng dalam wajan.

Teh hijau juga mengandung antioksidan jenis katekin, yang mampu mencegah penyakit kanker dan jantung.

Meminum teh hijau memberikan manfaat : MELANGSINGKAN TUBUH, MENGGELONTOR KOLESTEROL JAHAT

Kok bisa? Sebab teh hijau mengandung epigallocatechin gallate yaitu senyawa yang bisa meluruhkan lemak dan kolesterol jahat. Lemak tubuh terutama di perut perlahan akan menyusut, berat badan pun menurun. Karena meminum secangkir teh hijau setiap hari akan meningkatkan metabolisme tubuh.

Teh hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, selain mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung (yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol) dan menurunkan kolesterol, the hijau juga menurunkan risiko diabetes dan Alzheimer.

 

3. Teh Oolong

Daun untuk teh Oolong mengalami proses oksidasi lebih lama daripada teh hijau namun tidak selama teh hitam.

Meminum teh oolong memberikan manfaat : MENCEGAH KARIES GIGI, MENURUNKAN BERAT BADAN

Kok bisa? Ya, sebab teh oolong memiliki khasiat antimikroba dari kandungan catechin di dalam teh oolong.

Tapi hebatnya teh oolong ini ternyata mampu meningkatkan metabolisme tubuh kita melebihi teh hijau. So, teh oolong juga boleh menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan, karena mengaktifkan enzim yang melarutkan trigliserida. Kulit pun semakin sehat karena metabolisme tubuh yang bagus membuat peredaran darah melancar.

4. Teh hitam atau teh merah

Akhirnya, inilah dia daun teh yang paling sering dibuat “es teh manis” di seantero depot Indonesia.

Membuat teh hitam memerlukan oksidasi penuh pada daun teh, memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu – 1 bulan.

Disebut teh hitam oleh orang Barat karena daun teh nya yang berwarna hitam, sedangkan orang Jepang menyebutnya teh merah karena air dari teh berkualitas bagus sebenarnya berwarna merah. Teh ini mengandung paling banyak kafein dibanding teh jenis lainnya, yang disebut tehin. Selain itu teh hitam baik untuk kekuatan tulang karena kaya akan mangan dan fluoride. Teh ini juga paling bagus dalam menurunkan tingkat stres dan kadar kolesterol dalam darah.

Teh hitam dibagi-bagi menjadi 2 jenis, yaitu Ortodoks dan CTC (yang tidak akan dibahas dalam artikel ini). Lalu masih terbagi menjadi banyak jenis menurut kualitasnya sesuai standar Orange Pekoe.

Meminum teh hitam memberikan manfaat : MENURUNKAN KORTISOL (HORMON PEMICU STRESS), MENGUATKAN TULANG, MENURUNKAN KOLESTEROL

Jadi, apabila Anda merasa sedikit tertekan dan suntuk, segeralah menyeduh teh hitam, hiruplah keharuman aromanya dan minumlah perlahan. Hmmm…. rileks…

5.Teh Pu-Erh

Teh Pu-erh ini jenis yang unik dibandingkan jenis teh lainnya. Dari bentuknya yang dipadatkan hingga berbentuk seperti batu bata / cake, mangkuk atau seperti tegel, teh ini sudah berbeda. Jika teh jenis lain lebih enak segera dikonsumsi, teh Pu-erh berbeda, semakin lama usianya, rasanya akan semakin enak. Dalam masa penyimpana teh ini mengalami oksidasi mikrobiologi tahap kedua. Bisa lebih dari 50 tahun lho. Usia paling muda antara 1-4 tahun.

Untuk membuat teh Pu-erh digunakanlah daun yang lebih tua yang dihasilkan dari pohon teh yang sudah tua dan tinggi.

Meminum teh Pu-erh memberikan manfaat : MENURUNKAN KOLESTEROL, MENURUNKAN BERAT BADAN, MENCEGAH KANKER, MEMPERBAIKI SALURAN PENCERNAAN.

Kok bisa? Antioksidan yang tinggi akan mencegah pembentukan sel-sel kanker. Teh Pu-erh juga berfungsi membersihkan darah dari lemak sehingga kolesterol pun terkikis.

Cara meminumnya : rebuslah daun teh Pu-erh dalam air mendidih selama 5 menit. Minumlah hangat-hangat.

 

Yaa.. itulah sekilas tentang teh… Kesimpulannya, teh sangat bagus untuk diminum sehari-hari karena manfaatnya yang menyehatkan tubuh kita. Boleh deh menyediakan teh seduhan di rumah untuk dinikmati setiap saat diinginkan… (Ohya, jika memungkinkan, pilihlah teh seduhan untuk dikonsumsi sehari-hari daripada yang celup, karena kandungan antioksidan teh seduhan lebih tinggi.)

 

Happy Tea Time!!

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.