Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Manfaat dan Kandungan Gizi Wortel

Anda tahu tanaman yang bernama wortel? Nah kalau anda lihat baik-baik memang sedikit membingungkan jika harus mengklasifikasikan wortel ini. Sekilas wortel ini terlihat seperti buah apalagi sekarang cukup sering juga menu juice menyediakan wortel, akan tetapi wortel juga bisa diklasifikasikan sebagai sayuran mengingat sering kali masuk dalam menu lauk seperti sayur sop ataupun yang lainnya. Jadi apa sebenarnya wortel ini? Dan apa juga Kandungan Gizi Wortel yang baik untuk tubuh anda selaku pengkonsumsinya?

Bagi anda yang mungkin belum tahu wortel (kemungkinan besar anda tidak hobi makan sayur), tanaman ini merupakan jenis sayuran umbi yang berukuran panjang lancip sedikit menyerupai kerucut, lalu biasanya berwarna orange atau jingga dan memiliki tekstur yang agar kasar menyerupai kayu. Nah bagian tanaman wortel ini yang bisa anda konsumsi adalah pada bagian umbi atau akarnya dan wortel adalah tanaman yang bisa anda makan bagaimanapun caranya. Mau anda makan secara mentah ataupun setelah masak itu semua terserah anda, karena memang sebagai sayuran wortel tergolong memiliki rasa yang cukup enak.

Nah yang membuat tanaman wortel ini cukup digemari banyak orang adalah karena sangat mudah didapatkan dimana pun serta memiliki harga yang sangat murah. Selain itu wortel juga termasuk bahan makanan yang luar biasa mudah pengolahannya yang bahkan orang baru belajar masak pun pasti bisa mengolahnya. Lalu bagaimana manfaat dari wortel ini sendiri? Para ahli secara terang-terangan mengatakan bahwa wortel adalah tanaman yang memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi dimana jika dikonsumsi secara teratur akan sangat baik efeknya bagi mata.

Untuk lebih jelas dan lengkap mengenai manfaat dan Kandungan Gizi Wortel, berikut adalah beberapa daftarnya :

  1. Para peneliti diluar negeri sudah secara expert meneliti tanaman wortel ini dan secara mengejutkan ternyata dalam wortel terkandung zat bernama beta karoten yang merupakan prekursor dari vitamin A. Akibat penemuan ini, hampir seluruh perusahaan pembuat obat herbal termasuk bersistem MLM menggunakan beta karoten wortel sebagai bahan wajib dan hebohnya harga obat herbal tersebut cukup tinggi.
  2. Wortel adalah sumber makanan untuk detoksifikasi yang berfungsi untuk menetralisir racun dan mengatur adanya ketidakseimbangan dalam tubuh anda. Jadi anda yang mengalami masalah dalam kesehatan atau mudah sakit, wajib mengkonsumsi bahan makanan yang satu ini
  3. Wortel mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi sehingga ini sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata agar tetap prima. Perlu anda ketahui, semua pigmen penglihatan yang ada pada mata berasal dari protein yang mengandung vitamin A, jadi cukup jelas bukan mengapa wortel sangat bermanfaat bagi mata.
  4. Kandungan Gizi Wortel berupa beta karoten ini memiliki fungsi yang sangat luar biasa terhadap radikal bebas yang sering kali menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu beta karoten juga sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya kanker prostate pada pria.
  5. Wortel dapat anda konsumsi dengan berbagai cara baik dimakan langsung secara mentah ataupun dimasak, dan ini tetap memiliki efek yang sama bagi tubuh anda. Anda juga bisa mengkonsumsi wortel sebagai juice tapi alangkah baiknya jika anda menggunakan juicer agar hasil yang bisa anda dapatkan maksimal dan tidak membuang secara berlebihan ampas yang masih berguna.

Tanaman wortel ini memang sangat baik untuk kesehatan anda karena mengandung vitamin A dan Beta Karoten yang sangat tinggi. Akan tetapi sangat disarankan agar anda tidak mengkonsumsi wortel dalam jumlah yang berlebihan atau ekstrim, ini dikarenakan ada beberapa kasus dimana seseorang mengalami penguningan kulit akibat ini.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.