Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Makanan Yang Perlu Dihindari Wanita Menopause, Jenis dan Macamnya

Kondisi kesehatan fisik dan kesehatan psikologis wanita pada masa menopause sebagian besar mengalami penurunan. Penurunan kondisi kesehatan fisik dan psikologis ini selain dipicu oleh usia, juga dipicu oleh hormon esterogen dan progesteron yang tidak lagi diproduksi oleh tubuh. Sebagaimana diketahui, hormon esterogen merupakan hormon paling penting dan menentukan dalam siklus kehidupan wanita, karena kedua hormon tersebut berpengaruh pada siklus kehidupan wanita. Agar tidak terjadi gangguan kesehatan akibat penurunan kadar hormon ini, ada baiknya diperhatikan beberapa jenis dan macam makanan yang perlu dihindari wanita menopause. Apa saja jenis dan macamnya?

Berikut ini akan disajikan beberapa jenis dan macam makanan yang perlu dihindari wanita menopause sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Makanan pedas. Makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan keringat, serta menimbulkan rasa gelisah. Rasa gelisah yang terpicu akan meningkatkan rasa cemas pada wanita menopause.
  • Lemak. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti telur puyuh atau kuning telur ayam. Makanan ini mengandung kadar kolesterol tinggi yang bisa meningkatkan resiko jantung koroner hingga stroke. Selain itu konsumsi makanan berlemak juga memicu kegemukan pada wanita menopause.
  • Makanan asin. Makanan dengan kadar garam tinggi akan dapat memicu hormon kartisol untuk memproduksi hormon stress. Akibatnya kondisi psikologis wanita menopause akan semakin labil.
  • Minuman keras dan alkohol. Konsumsi minuman keras dan alkohol akan membuat kulit menjadi keriput, belum lagi efek racun yang ditimbulkan bagi tubuh.
  • Minuman bersoda. Wanita menopause hendaknya jangan berlebihan mengkonsumsi minuman bersoda. Selain bisa memicu sering berkemih, minuman bersoda juga memperberat kerja ginjal untuk menetralisirnya. Minuman bersoda juga dapat memicu gangguan maag yang pada akhirnya bisa memicu stress dan depresi.
  • Kopi. Konsumsi kopi yang mengandung kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu hipertensi, sehingga resiko terjadinya gangguan psikologis seperti mudah cemas, depresi dan stress akan lebih sering terjadi.

Itulah beberapa jenis dan macam makanan yang perlu dihindari wanita menopause. Ada baiknya jika konsumsi buah dan sayur lebih ditingkatkan asupannya, seperti konsumsi susu kedelai. Hal ini disebabkan berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit ketika masa menopause tiba. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.