Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Makanan Yang Dilarang Atau Dikurangi Oleh Penderita Diabetes

Hidup dengan penyakit diabetes bukan merupakan hal yang mudah karena penderita diabetes harus benar -benar memperhatikan makanan apa saja yang harus ia makan untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Tentu saja ada banyak makanan yang menggiurkan untuk disantap. Namun, perlu diketahui bahwa ada makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi untuk penderita diabetes. Seringkali banyak penderita diabetes masih belum mengetahui makanan apa saja yang dilarang untuk penderita diabetes. Berikut ini merupakan beberapa makanan yang dilarang untuk penderita diabetes sehingga penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

  1. Nasi
    Salah satu makanan yang dilarang untuk penderita diabetes adalah nasi. Nasi merupakan makanan yang kandungan karbohidratnya tinggi dan mengandung glukosa sehingga dapat memicu kenaikan gula darah. Oleh karena itu penderita diabetes lebih dianjurkan untuk mengganti nasi dengan mengkonsumsi kentang.
  2. Gula
    Selain nasi, gula juga tidak boleh dikonsumsi karena kadar gula darah yang dimiliki penderita diabetes cukup tinggi. Penggunaan gula tebu dapat digantikan dengan gula jagung atau sama sekali  tidak menggunakan gula untuk mengurangi resiko naiknya kadar gula dalam darah.
  3. Buah
    Selain gula dan nasi, penderita diabetes juga tidak boleh mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan seperti durian, pisang, nangka, sawo, sirsak, dan mangga. Buah-buahan tersebut ada yang memiliki kadar gula yang tinggi dan dapat memicu kenaikan tekanan darah.
  4. Roti
    Roti merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dikurangi atau tidak dikonsumsi penderita diabetes karena roti merupakan produk olahan dari gula dan tepung sehingga dapat memicu kenaikan kadar gula di dalam darah.
  5. Lainnya
    Makanan yang dilarang untuk penderita diabetes yang lain adalah keju, permen, buah-buahan kering, susu kental, manisan, dan aneka kripik.

Dengan mengurangi atau tidak mengkonsumsi makanan tersebut, penderita diabetes tidak akan mengalami masalah pada kadar gula darah dan kadar gula darah akan selalu stabil. Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, sehingga anda tidak perlu mengkonsumsi makanan tersebut.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.