Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Ada banyak cara untuk sembuh dari serangan rasa nyeri dan ngilu di persendian, salah satunya dengan memperhatikan daftar makanan untuk penderita asam urat dan mematuhi aturannya jika anda memang benar-benar dinyatakan menderita penyakit ini oleh dokter. Pada kenyataannya, beberapa orang sering kebingungan membedakan antara penyakit asam urat dan rematik karena keluhan kedua penyakit tersebut memang hampir sama. Konsumsi makanan ini terdiri dari dua jenis: yang dianjurkan dan yang dihindari. Berikut penjelasan selengkapnya.

Kesadaran untuk mengkonsumsi makanan secara bijaksana sejatinya adalah gaya hidup yang akan membawa banyak manfaat, termasuk mempercepat kesembuhan dan menghilangkan rasa nyeri yang luar biasa yang belum tentu bisa hilang dengan hanya meminum obat. Konsumsi makanan yang tepat bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga membantu mempercepat proses penyembuhan. Lebih dari itu, mengkonsumsi makanan yang dianjurkan dan menjauhi pantangan akan dapat mencegah agar penyakit tidak kembali lagi.

Makanan Untuk Penderita Asam Urat : Pantangan

Prinsip dasar menentukan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat sebenarnya cukup sederhana. Rasa nyeri karena asam urat akan semakin parah ketika makanan dengan kadar purin tinggi dikonsumsi secara berlebihan. Maka, jenis makanan seperti ini sudah selayaknya dihindari.

Bayam menduduki peringkat pertama makanan tinggi purin. Sayuran ini memang sangat dianjurkan sebab kandungan zat besi, beta-karoten dan flavonoid nya yang sangat tinggi, namun kandungan purin yang diatas rata-rata membuat sayuran hijau yang satu ini harus dicoret dari daftar menu makanan sehari-hari penderita asam urat. Setiap 1 ons baya, terdapat sekitar 57 g purin.

Asparagus, kembang kol dan jamur juga tak kalah bahaya nya bagi penderita asam urat. Ketiga sayuran tersebut (masing-masing per 100g ) mengandung purin sebanyak 23 g  (asparagus), 51 g (kembang kol) dan 17 g (jamur). Oleh beberapa pakar kesehatan, makanan laut juga dimasukkan dalam daftar makanan berbahaya, diantaranya udang, cumi-cumi, tiram, kepiting dan remis. Jika anda termasuk salah satu penderita asam urat dan kerap kali mengkonsumsi makanan kaleng seperti sarden dan kornet, maka hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga sebab kedua makanan tersebut sama bahayanya dengan makanan laut..

Mengapa Tidak Semua Buah Sehat?

Selama ini, anda mungkin berasumsi bahwa buah-buahan mengandung banyak zat bergizi dan oleh karena itu sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi setiap hari. Pendapat ini tidak salah, namun tidak pula sepenuhnya benar. Beberapa jenis buah disinyalir mengandung purin dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga justru akan membahayakan kondisi kesehatan. Durian dan alpukat adalah dua dari beberapa buah yang sebaiknya dibatasi konsumsinya.

Lalu, makanan apa sajakah yang masih boleh dikonsumsi penderita asam urat dalam jumlah wajar? Dalam hal ini, makanan yang sangat dianjurkan adalah yang tinggi kadar potasiumnya, seperti kentang, pisang dan yogurt. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari, misalnya jeruk, stroberi dan papaya. Selain itu, ada beberapa buah dan sayuran yang memang dianggap “sakti” menanggulangi asam urat, semisal buah naga, labu kuning, sawi dan belimbing wuluh.

Bagaimana dengan karbohidrat? Pada dasarnya, ada dua jenis karbohidrat yaitu dalam bentuk kompleks dan sederhana. Penderita asam urat justru disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti ubi, nasi, singkong dan roti daripada karbohidrat sederhana seperti permen, gulali dan sirup. Dengan demikian, karbohidrat tetap boleh dikonsumsi selama jenis dan jumlahnya tepat dan tidak berlebihan.

Pengaturan asupan makanan dalam hal ini tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh yang diukur menurut berat dan tinggi badan. Dengan demikian, pemilihan makanan untuk penderita asam urat dapat membawa manfaat dan khasiat yang sebenarnya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.