Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Makanan Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit dengan angka kematian yang cukup tinggi di dunia. Penyebab penyakit jantung sangat bermacam-macam selain karena penyakit bawaan ternyata penyakit jantung banyak di akibatkan oleh makanan dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok. Konsumsi makanan fast food dan makanan berlemak lainnya ditengarai menjadi penyebab penyakit jantung. Saat ini penderita penyakit jantung tidak hanya pada usia lanjut namun juga merambah usia produktif khususnya daerah perkotaan dimana gaya hidup yang dilakukan tidak sehat.

Makanan yang Bisa Menyelamatkan Jantung Anda

Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, tidak beraktivitas secara fisik, dan sering mengkonsumsi makanan fast food atau yang mengandung lemak jenuh mempunyai andil yang besar terhadap resiko serangan jantung. Lalu bagaimana untuk menyelamatkan jantung anda agar terhindar dari resiko penyakit jantung? Ternyata cukup mudah yaitu dengan mengganti makanan yang anda konsumsi sehari-hari dengan makanan untuk kesehatan jantung. Makanan apa saja yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung, berikut ulasannya.

1. Kedelai Hitam

Kedelai hitam mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung anda. Kedelai hitam mengandung folat, antioksidan, magnesium untuk menurunkan tekanan darah, dan serat yang membantu mengontrol kolesterol dan kadar gula darah.

Tip: Kedelai hitam kalengan bisa ditambahkan pada sup dan salad. Bilas dengan air matang sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan kandungan garam.

2. Ikan Salmon

Salmon adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung karena salmon kaya akan omega-3s EPA dan DHA. Omega-3s memperkecil risiko gangguan irama jantung, yang dapat menyebabkan  serangan jantung mendadak. Salmon juga menurunkan trigliserida darah dan mengurangi peradangan.

Tip:  Untuk mendapatkan hasil terbaik panggang dalam aluminium foil dengan bumbu dan sayuran.

3. Ikan Tuna

Tuna merupakan sumber omega-3 yang baik untuk jantung sehat dan harganya lebih murah daripada salmon. Albacore (tuna putih) mengandung lebih banyak omega-3s dari varietas tuna lainnya. Sumber-sumber makanan lain yang mengandung omega-3s, adalah: makarel, herring, ikan trout, sarden, dan ikan teri.

Tip: Agar rasanya lebih sedap panggang tuna dengan daun kemangi dan lemon

4. Extra Virgin Olive Oil

Ini adalah minyak, yang terbuat dari perasan pertama buah zaitun, kaya nutrisi yang menyehatkan jantung seperti antioksidan yang disebut polifenol, serta lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Ketika minyak zaitun menggantikan lemak jenuh (seperti mentega), dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Polifenol dapat melindungi pembuluh darah.

Tip: Gunakan untuk salad dan menumis sayuran

5. Kenari

Sejumlah kecil kenari (1,5 ons) per hari dapat menurunkan kolesterol Anda dan mengurangi peradangan pada arteri jantung. Kenari mengandung omega-3, lemak tak jenuh tunggal, dan serat. Gantikan lemak jahat dalam biskuit dan kue dengan kenari selain enak juga tidak menambah kalori yang anda konsumsi.

Tip: Segenggam kenari mengandung hampir 300 kalori. Minyak kenari juga mengandung omega-3, juga bisa digunakan dalam dressing salad.

6. Kacang almond

Almond cocok dengan sayuran, ikan, ayam, bahkan makanan penutup, dan sedikit almond pada menu makanan anda akan menambahkan kebaikan untuk kesehatan jantung makanan Anda. Almond penuh dengan vitamin E, sterol, serat, dan lemak baik. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan mengurangi risiko diabetes.

Tip: Panggang, untuk mendapatkan rasa yang lebih lembut.

7. Edamame

Edamame atau kedelai hijau bisa ditemukan di restoran Jepang, dan sering dijadikan makanan pembuka yang lezat. Edamame mengandung protein kedelai, yang dapat menurunkan kadar trigliserida darah. Setengah cangkir edamame juga mengandung 9 gram serat penurun kolesterol sama dengan empat potong roti gandum utuh.

Tip: Rebus edamame dan sajikan hangat dalam mangkuk

8. Tahu

Gantikan konsumsi daging merah dengan protein kedelai yang diperoleh dari tahu maka anda akan memperoleh mineral, serat dan lemak tak jenuh ganda yang terkandung dalam kedelai untuk jantung yang lebih sehat. Semua manfaat kedelai itu akan menghindarkan jantung dari beban arteri dan penyumbatan pada pembuluh darah.

Tip: Potong tahu, bumbui,  masak dengan cara  ditumis dengan sedikit minyak. Tambahkan tahu ke sup untuk protein tanpa lemak.

9. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan pengganti yang sehat untuk kentang dan orang yang peduli tentang diabetes. Dengan indeks glikemik rendah, ubi jalar tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Serat yang cukup, vitamin A, dan lycopene menambah nilai plus ubi jalar untuk kesehatan jantung

Tip: Tambahkan kayu manis dan air jeruk nipis untuk memunculkan rasa manis alami ubi jalar.

10. Jeruk

Buah yang manis dan berair ini mengandung erat pektin yang melawan kolesterol serta potasium, yang membantu mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa jeruk dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah sederhana melalui hesperidin antioksidan.

Tip: Sebuah jeruk mengandung 62 kalori dan 3 gram serat.

11. Wortel

Penelitian terbaru menunjukkan wortel tersebut sayuran manis dan renyah ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes. Mereka juga makanan yang mencegah kolesterol karena mengandung sejumlah serat larut seperti yang ditemukan dalam gandum.

Tip: Tambahkan wortel parut dalam adonan muffin dan sebagai taburan dalam spaghetti

12. Havermut

Oats dalam berbagai bentuk dapat membantu jantung Anda dengan menurunkan LDL, kolesterol jahat. Semangkuk oatmeal hangat membuat Anda kenyang lebih lama, juga bisa dikonsumsi sebagai kudapan dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang waktu sehingga berguna bagi penderita diabetes juga

Tip: Gantikan 1/3 dari adonan tepung dengan gandum dalam adonan pancake, muffin, dan adonan kue lainnya. Gunakan gandum bukannya remah roti sebagai lapisan.

13.  Yogurt Rendah Lemak

Susu rendah lemak yang paling sering disebut-sebut untuk kesehatan tulang, makanan ini dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Susu tinggi kalsium dan kalium serta yoghurt memiliki dua kali lebih banyak dari mineral penting. Untuk meningkatkan kalsium dan meminimalkan lemak, pilihlah varietas rendah lemak atau tanpa lemak.

Tip: Gunakan susu bukannya air saat membuat oatmeal instan, cokelat panas, dan sup.

14. Kopi

Kopi dan teh dapat membantu melindungi jantung Anda dan menangkal diabetes tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum 3-4 cangkir sehari dapat mengurangi resiko hingga 25% dan  ini juga berlaku untuk kopi tanpa kafein bahkan. Tapi bagaimanapun bagi mereka yang sudah menderita diabetes atau hipertensi, kafein dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Tip: Pilihlah kopi tanpa gula atau non-fat latte untuk membatasi lemak dan kalori.

15. Cabe merah

Cabe merah dapat membantu mencegah lonjakan tingkat insulin setelah makan. Sebuah penelitian kecil di Australia menunjukkan bahwa hanya menambahkan cabai untuk makan hamburger menghasilkan tingkat insulin yang lebih rendah pada sukarelawan yang kelebihan berat badan.

Tip: Cabe bubuk adalah campuran dari lima rempah-rempah, sedangkan cabai kering berasal dari cabai tunggal. Keduanya adalah pengganti yang baik untuk garam dalam resep.

16. Ceri

Ceri mengandung anthocyanin, antioksidan yang diyakini membantu melindungi pembuluh darah. Ceri dalam bentuk apapun baik yang berbentuk hati dan rasanya manis, ceri asam, ceri kering, atau jus ceri memberi manfaat yang sama yaitu memberikan perlindungan pada jantung.

Tip: Taburkan ceri kering ke dalam sereal, muffin adonan, salad hijau dan nasi.

17. Bluberi

Daftar nutrisi sehat dalam blueberry sangat banyak : anthocyanin memberikan warna biru dan mendukung kesehatan jantung. Blueberry juga mengandung asam ellagic, beta-karoten, lutein, vitamin C, folat, magnesium, kalium, dan serat.

Tip: Tambahkan blueberry segar atau kering untuk sereal, pancake, atau yogurt. Haluskan semangkuk blueberry untuk saus makanan penutup.

Selain mengkonsumsi makanan untuk  kesehatan jantung, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti berolahraga secara teratur akan memperkecil resiko menderita penyakit jantung. Tidak merokok dan membiasakan diri beraktivitas fisik dan mengubah makanan yang dikonsumsi akan membuat jantung lebih sehat selain itu terhindar dari resiko penyakit degeneratif lainnya.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.