Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Makanan Sehat Untuk Bayi

Ketika pengeluaran dalam rumah tangga harus di tekan, seringkali kita sebagai ibu rumah tangga punya banyak ide untuk menyajikan menu makanan sehat untuk anak-anak, di mana menu makanan sehat yang kita sajikan tidak sama dengan yang tersedia di supermarket yang biasanya banyak mengandung gula, air dan bahan pengawet makanan.

Seorang bayi tidak bisa mengkonsumsi makanan padat sampai mereka berusia 4 sampai dengan 6 bulan, karena bayi dengan usia 4-6 bulan belum bisa belajar bagaimana cara menelan. Bayi yang belum menginjak usia 4-6 bulan biasanya mempunyai refleks menghisap mulut, sehingga apabila diberikan makanan padat di usia sebelum 4-6 bulan, maka kemungkinan besar makanan padat yang di makan akan di dorong keluar dari mulut dan kemungkinan yang fatal bayi bisa tersedak atau muntah.

Setelah satu bulan diberikan makanan padat maka bisa di coba sedikit demi sedikit untuk memberikan makanan pada bayi seperti orang dewasa, dengan cara dihaluskan menggunakan blender atau bisa juga ditambahkan garam, bumbu dan rempah-rempah.

Berikut ini beberapa variasi pemberian menu makanan sehat pada bayi sesuai usianya :

  1. Bayi dengan usia 4 – 6 bulan sebaiknya diberikan makanan sereal atau bubur nasi yang bisa di campur dengan susu formula atau ASI.
  2. Bayi dengan usia 7 bulan, tambahkan ke dalam makanan mereka sedikit sayur-sayuran yang dihaluskan dengan blender.
  3. Bayi dengan usia 8 bulan, sedikit buah-buahan bisa ditambahkan ke dalam daftar menu makanan mereka, yaitu buah yang di saring
  4. Bayi dengan usia 10 bulan, tambahkan sedikit daging dan kuning telur ke dalam daftar menu makanan mereka
  5. Bayi dengan usia 10 bulan ke atas, bisa ditambahkan keju dan yoghurt ke dalam daftar menu makanan mereka.

Beberapa tips menyiapkan makanan sehat untuk bayi:

  • Selalu mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan bayi dan pastikan peralatan makanan bayi yang akan digunakan sudah bersih.
  • Cuci buah-buahan dan sayuran yang akan digunakan, untuk daging, buang lemak dan tulang atau pilih daging ayam yang sudah di fillet.
  • Pastikan memasak makanan menggunakan air atau memasak makanan bayi bisa juga dengan cara di panggang atau di kukus.
  • Masak makanan bayi sampai cukup lembut untuk di makan atau sampai berbentuk semi padat, sehingga aman di konsumsi oleh bayi dan terutama tidak membuat bayi tersedak.
  • Pastikan tidak membiarkan makanan bayi berada dalam suhu ruangan 2 jam atau lebih, karena bisa membuat bakteri tumbuh lebih cepat. lebih baik simpan di dalam lemari es jika bayi tidak makan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.