Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Makanan Sehat Bagi Penderita Asam Urat

Secara umum makanan sehat bagi penderita asam urat yaitu makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung kadar purin rendah. Hal ini dikarenakan kadar purin akan memicu peningkatan jumlah asam urat di dalam tubuh. Menurut AcuMedico, makanan sehat bagi penderita asam urat yaitu bahan makanan yang termasuk dalam kelompok III. Bahan makanan ini bebas untuk dikonsum
si oleh penderita asam urat karena kadar purinnya kurang dari 100 mg/100gr. Sebagai contoh : nasi, ubi, singkong, jagung, roti, mi, bihun, tepung beras, cake, kue kering, puding, susu, keju, telur, minyak, dan gula. Sedangkan buah dan sayur seperti sawi, wortel, kemangi, mentimun, oyong, labu siam, dan kacang panjang.

Bagaimana syarat makanan sehat bagi penderita asam urat? Jika ingin diet asam urat sebaiknya mengacu pada syarat-syarat makanan sehat berikut ini.

1. Mengandung protein sesuai dengan kebutuhan asupan tubuh

Secara sederhana, kadar purin yang tinggi biasanya terdapat pada makanan yang mengandung kadar protein yang tinggi pula. Oleh karena itu kurangilah konsumsi makanan yang berprotein tinggi. Adapun kebutuhan asupan protein tubuh yang dianjurkan untuk penderita asam urat yaitu sekitar 50-70 gr bahan mentah/hari atau 0,8-1 gr/kg berat badan/hari.

2. Mengandung kalori sesuai dengan kebutuhan

Sesuaikanlah jumlah asupan kalori untuk  kebutuhan tubuh berdasarkan tinggi badan dan berat badan. Jika bingung untuk menghitung jumlah kebutuhan kalori per hari, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter pribadi.

3. Mengandung lebih banyak karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks baik dikonsumsi penderita asam urat. Sebaiknya karbohidrat kompleks ini dikonsumsi minimal dari 100 gr/hari, atau sekitar 65-75% dari kebutuhan energi total. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu : gandum, roti, ubi, kentang, dan jagung.

4. Mengandung rendak lemak

Sebaiknya menghindari makanan yang berlemak. Gantilah kebiasaan
menggoreng bahan makanan dengan mengkukus atau merebus. Hal ini dikarenakan lemak dapat menghambat proses eksresi asam urat melalui urine. Adapun konsumsi lemak bagi penderita asam urat yaitu sekitar10-15% dari kebutuhan energi total.

5. Mengandung cukup vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Beberapa saran bagi penderita asam urat

1. Perbanyak konsumsi air putih dan jus buah berair

Dengan mengkonsumsi air putih minimal 2,5 liter atau 10 gelas sehari dapat menetralisir penumpukan asam urat di persendian. Selain itu, konsumsi jus buah seperti alpokat, belimbing, jambu biji, jeruk keprok, mangga, melon, nanas, pepaya dan sirsak dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

2. Hindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol ternyata dapat meningkatkan asam laktat plasma yang dapat menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Oleh karena itu hindarilah konsumsi minuman beralkohol.

3. Konsumsi obat herbal untuk menguragi kadar asam urat di dalam tubuh seperti :

  • Sambiloto (Andrographis paniculata nees)
  • Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)
  • Lada hitam (Pipernigrum)
  • Daun tempuyung (Sonchus arvensis)
  • Bawang putih (Allium sativum)

Demikian artikel seputar makanan sehat bagi penderita asam urat. Semoga dengan perubahan pola makan yang sehat seperti di atas, dapat membantu untuk terhindar dari penyakit asam urat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.