Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan seringkali dianggap sebagai penyakit yang ringan. Karenanya, banyak sekali penyebab penyakit ini yang tidak diketahui dan diabaikan begitu saja. Meskipun demikian, ada baiknya kita selalu waspada terhadapnya. Sekecil apa pun gangguan kesehatan pasti akan membuat tubuh tidak nyaman.

Penyakit radang tenggorokan bisa disebabkan oleh makanan. Makanan-makanan ini pada umumnya bersifat iritan atau mengiritasi tenggorokan dengan cara mengikis lapisan mukosa tenggorokan. Akibatnya, tenggorokan terpapar langsung dan akhirnya radang.

Apa saja makanan penyebab radang tenggorokan ini? Berikut ini uraiannya : 

  • Tembakau :  Beberapa orang ada yang suka mengunyah tembakau. Seperti halnya saat dibuat rokok, tembakau yang dikunyah juga bisa mengiritasi lapisan mukosa tenggorokan. Orang-orang yang merokok atau suka mengunyah tembakau bisa dipastikan mudah terkena radang tenggorokan.
  • Makanan asam : Asam jika diusapkan pada lapisan kulit akan membuat kulit kering. Jika dilakukan terus menerus, kulit akan teriritasi. Bisa dibayangkan jika asam mengenai lapisan mukosa tenggorokan. Bisa dipastikan, lapisan mukosa teriritasi lebih cepat daripada lapisan kulit. Akibatnya pasti akan menjadi radang.
  • Makanan pedas : Di dalam rongga mulut saja, makanan pedas seringkali mengiritasi apalagi di dalam tenggorokan. Rasa panas di tenggorokan setiap setelah makan pedas merupakan gejala awal dari radang tenggorokan.
  • Makanan berminyak : Minyak di dalam benda atau permukaan apa pun selalu bersifat melapisi. Di dalam tenggorokan pun demikian. Minyak akan melapisi lapisan mukosa. Akibatnya, lapisan mukosa yang seharusnya terjaga kelembapannya dengan selalu basah dengan air akan terhambat. Dengan cepat, tenggorokan akan teriritasi. Goreng-gorengan merupakan contoh makanan berminyak ini.
  • Makanan kering: Makanan kering bersifat menyerap air. Air yang diserap bisa dari mana saja. Jika kita mengonsumsi makanan kering, air yang banyak terdapat di dalam lapisan mukosa tenggorokan bisa terserap. Otomatis, tenggorokan akan kering dan pasti teriritasi. Radang tenggorokan pun tak bisa dihindarkan.
  • Makanan (dan juga minuman) yang mengandung kafein : Di dalam tubuh, kafein bersifat menyerap air. Akibatnya, tubuh akan dehidrasi (tercirikan dengan munculnya haus, misalnya setiap setelah habis minum kopi dan seringnya buang air kecil). Air yang ada di dalam lapisan mukosa pun akan diserap. Dan radang pun bisa mengintai kapan saja.
  • Makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin: Makanan jenis ini juga bersifat menyerap air.

Nah itulah beberapa di antaranya jenis makanan penyebab radang tenggorokan. Pastikan Anda selalui mewaspadainya. Ingat selalu bahwa mencegah penyakit selalu lebih baik daripada mengobatinya. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.