Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Makanan Penurun Gula Darah Yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

Para penderita diabetes tentu harus ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi makanan karena jika salah memilih menu makanan, hal ini bisa membuat kadar gula darah di dalam tubuh menjadi melonjak drastis. Namun, sampai saat ini masih banyak penderita diabetes yang belum mengetahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi sehingga masih sering salah dalam memilih makanan yang dimasukkan ke dalam diet diabetes. Jika Anda termasuk salah satu penderita diabetes yang belum tahu makanan apa yang seharusnya Anda konsumsi, berikut ini beberapa contoh makanan penurun gula darah yang dapat membantu menurunkan dan menstabilkan gula darah Anda.

Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Faktor kebiasaan makan yang kurang sehat memang dapat memicu naiknya gula darah. Saat ini banyak orang enggan makan sayuran karena dirasa kurang enak, padahal sayuran memiliki fungsi penting bagi tubuh, termasuk untuk menurunkan gula darah.

Bayam

Sayuran hijau ini merupakan bahan makanan yang sehat dan sebagai sumber vitamin dan mineral seperti magnesium, folat, zat besi, dan askorbat. Tidak hanya itu saja, sayuran daun hijau ini juga kaya akan serat dan rendah karbohidrat sehingga dapat membantu penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah yang naik.

Brokoli

Seperti kebanyakan sayuran hijau lainnya, brokoli juga mengandung lutein atau sejenis katotenoid yang berguna bagi tubuh, khususnya dalam menurunkan gula darah. Selain itu, kandungan serat dalam brokoli juga mampu menstabilkan kadar gula darah sehingga kenaikan gula darah bisa dicegah.

Wortel

Makanan penurun gula darah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Selain itu wortel juga mengandung banyak air dan serat. Air sangat penting bagi tubuh penderita diabetes karena intensintas buang air kecil yang meningkat. Biasanya, penglihatan penderita diabetes juga akan mengalami masalah, oleh karena itu mengkonsumsi wortel sangat dianjurkan karena wortel dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan penderita diabetes.

Buah-Buahan Untuk Menurunkan Gula Darah

Walaupun penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa macam buah-buahan, ternyata ada beberapa jenis buah yang dapat berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah berikut ini beberapa contohnya.

Alpukat

Makanan penurun gula darah ini kaya akan serat. Dengan asupan serat yang cukup, pelepasan glukosa dalam aliran darah ketika proses pencernaan makanan dapat dicegah dengan baik sehingga tidak akan terjadi kenaikan gula darah yang drastis. Kandungan gula dalam alpukat berbetuk fruktosa atau gula buah. Fruktosa tidak akan mengakibatkan kenaikan gula darah di dalam tubuh.

Apel

Kandungan gula yang rendah dalam apel dapat membantu menstabilkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Apel juga mengandung zar quersetin. Zat ini dapat mengurangi resiko gula darah.

Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C ini ternyata juga dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, buah jeruk juga merupakan buah yang kaya antioksidan dan rendah gula sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.