Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Makanan Pemicu Kolesterol

Makanan Pemicu Kolesterol menjadi perhatian begitu banyak orang akhir-akhir ini. Penyebabnya tentu karena meningkatnya penyakit-penyakit yang dipicu oleh tingginya kadar kolesterol pada manusia. Seperti kita ketahui problem kadar kolesterol yang tinggi tengah dihadapi ratusan juta individu di seluruh dunia. Lebih mencengangkan lagi penyebab utamanya yang mayoritas adalah karena makanan sehari-hari walaupun sebenarnya ada penyebab lain. Artikel ini menjelaskan hubungan kolesterol dengan makanan sehari-hari serta makanan apa saja yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol dalam darah kita.

Kolesterol dan Makanan Sehari-Hari

Dalam makanan kita kolesterol umumnya bersumber dari lemak hewani seperti misalnya daging sapi, kambing, dan unggas meskipun tidak sedikit pula yang bersumber dari lemak nabati seperti misalnya minyak kelapa dan santan. Lucunya beberapa contoh makanan yang sampai saat ini diyakini sehat seperti telur dan susu ternyata juga banyak mengandung kolesterol.

Orang sering salah dalam memahami istilah kolesterol. Kolesterol seharusnya tidak selalu identik dengan lemak karena meskipun berada dalam golongan lemak atau lipid pada dasarnya kolesterol dan lemak merupakan senyawa yang berbeda. Suatu jenis makanan dapat saja mengandung kadar lemak yang tinggi, namun bebas kolesterol seperti contohnya minyak zaitun. Sebaliknya makanan yang lain dapat saja memiliki kadar lemak yang rendah tetapi memiliki kadar kolesterol  yang tinggi.

Sejalan dengan tumbuhnya wisata kuliner, banyak makanan yang sebenarnya mengandung lemak jenuh dijadikan sebagai makanan cepat saji. Sebagai contohnya adalah daging burger yang dibuat dari daging sapi serta sosis dan nugget yang dapat dibuat dari daging sapi, udang, ikan dan udang. Penggunaan bahan makanan seperti margarine dan MSG membuat makanan-makanan ini terasa begitu lezat sehingga kita sering lupa bahwa kandungan lemak jenuh yang tinggi dari makanan itu akan memicu tingginya kolesterol dalam darah

Makanan Pemicu Kolesterol

Di antara berbagai jenis makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari terdapat kelompok makanan yang cenderung memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah. Dalam urutan pertama adalah hati sapi goreng. Dalam setiap 85 gram hati sapi terdapat 410 mg kolesterol walaupun makanan ini sebenarnya kaya protein. Telur rebus juga memicu naiknya kadar kolesterol karena makanan ini mengandung 225 mg dalam setiap butirnya. Bila ingin mengurangi kadar kolesterol darah sebaiknya kita hanya mengkonsumsi bagian putihnya. Daging ayam ada dalam urutan berikutnya karena kecuali bagian dadanya bagian paha ayam, sayap dan kaki memiliki kadar kolesterol setinggi daging sapi  dan kambing. Sebagai contoh satu porsi sop ayam dapat menghasilkan sampai dengan 600 mg kolesterol. Kue atau cake juga berada dalam daftar Makanan Pemicu Kolesterol karena setiap 100 gram-nya mampu menghasilkan 260 mg kolesterol apalagi bila dimakan bersama krim dan sirup.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.