Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Makanan Kaya Purin Penyebab Asam Urat Tinggi

Pernahkah mendengar tentang zat purin? Mungkin tidak banyak yang tahu tentang keberadaan zat ini. Beberapa di antara Anda mungkin tidak menyadari bahwa zat purin ini sebenarnya begitu dekat dengan Anda. Ya, karena zat purin ini terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Keberadaan zat purin ini juga sangat erat kaitannya dengan asam urat. Nah, kalau asam urat pasti sudah sangat akrab di telinga Anda bukan? Tentunya Anda sudah sangat sering mendengar tentang penyakit asam urat yang umumnya diderita oleh orang yang sudah berumur. Lalu apa kaitan antara kedua zat dan senyawa ini? Apakah zat purin inilah yang menyebabkan penyakit asam urat? Apakah makanan kaya purin penyebab asam urat tinggi? Anda akan menemukan jawabannya di sini.

Makanan Kaya Purin Penyebab Asam Urat Tinggi, Benarkah?

Sebagaimana kita ketahui sebelumnya, purin merupakan zat yang terkandung dalam makanan. Hasil metabolisme zat purin dalam tubuh inilah yang kemudian akan membentuk senyawa asam urat. Senyawa asam urat ini, jika terlalu banyak terkandung dalam tubuh, akan mengumpul dan menumpuk di persendian. Pengumpulan dan penumpukan ini disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal untuk membuang senyawa asam urat yang berlebih dalam tubuh. Akibat pengumpulan dan penumpukan senyawa asam urat dalam persendian, terjadilah pembengkakan pada persendian. Pembengkakan ini disertai pula dengan timbulnya rasa nyeri pada persendian. Kondisi inilah yang disebut dengan penyakit asam urat.

Berdasarkan ilustrasi yang telah dijelaskan sebelumnya, tentunya sudah dapat diketahui bahwa makanan kaya purin penyebab asam urat tinggi karena semakin banyak zat purin yang kita konsumsi, maka asam urat yang terbentuk pun akan semakin banyak. Akibatnya, kadar asam urat dalam darah pun akan semakin tinggi. Pada kondisi normal, kadar asam urat bagi wanita berkisar antara 2.4 hingga 6 mg/dL sedangkan bagi pria berkisar antara 3.0 hingga 7 mg/dL. Untuk mempertahankan kondisi normal tersebut, maka konsumsi zat purin yang dapat Anda konsumsi berkisar antara 600 hingga 1000 mg purin setiap hari. Bila Anda mengkonsumsi lebih dari jumlah yang disarankan tersebut, maka kadar asam urat dalam darah Anda akan meningkat dan bila hal itu terus berlanjut, maka kemungkinan untuk menderita penyakit asam urat akan semakin besar.

Apabila Makanan Kaya Purin Penyebab Asam Urat Tinggi, Lalu Apa yang Harus Dilakukan?

Makanan kaya purin penyebab asam urat tinggi, Anda sudah mengetahui tentang hal itu. Lalu langkah apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Tentunya, untuk menghindari tingginya kadar asam urat dalam tubuh Anda, Anda harus mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung purin.

  1. Hati, ginjal, jeroan, jantung, otak, paru, daging bebek, ikan sarden, kerang, dan kaldu atau kuah daging kental. Makanan-makanan jenis ini mengandung purin tinggi, yaitu antara 100-1000 mg/100 g, oleh karena itu sebaiknya dihindari.
  2. Daging sapi, ikan dan ayam, tempe, tahu, udang, bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, dan melinjo . Makanan-makanan jenis ini mengandung purin sedang, yaitu antara 9-100 mg/100 g, oleh karena itu sebaiknya konsumsinya dibatasi agar tidak berlebihan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.