Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Macam-macam Penyakit Telinga

Telinga tidak hanya menyediakan kemampuan untuk mendengar, tetapi membantu keseimbangan tubuh ketika bergerak. Makanya, penyakit pada telinga akan memberi kita kesulitan dalam pendengaran, memberi rasa sakit bersama dengan rasa pusing yang memicu sakit kepala. Telinga memiliki banyak bagian berbeda termasuk Canal Telinga, Telinga Tengah dan Telinga Dalam, dimana syaraf mengirimkan sinyal suara dan perasaan yang berkaitan dengan keseimbangan ke otak.

Semua bagian telinga berisiko pada trauma dan infeksi yang bisa menimbulkan kerusakan kecil atau besar pada telinga. Macam-macam penyakit telinga seperti apa saja yang harus kita diwaspadai?

Berikut Beberapa Penyakit Telinga Yang Harus Diperhatikan:

1.  Swimmer’s Ear

Penyakit ini adalah infeksi pada Canal Telinga, tabung yang menghubungkan Telinga Dalam dengan Pinna, bagian luar telinga yang berada di damping kepala. Infeksi bakteri pada Canal Telinga biasanya membuktikan bahwa itulah penyebab penyakit Swimmer’s Ear. Meskipun berenang tidak menyebabkan infeksi namun air yang masuk dalam telinga bisa membuat Canal Telinga berisiko pada infeksi.

2. Penyakit Meniere

Ini adalah gangguan pada telinga yang berefek pada telinga bagian dalam. Menurut ahli, penyakit ini akibat cacatnya fungsi Telinga Dalam karena cairan yang berlebihan sehingga menyebabkan tekanan dalam Telinga Dalam naik dan mempengaruhi pendengaran.

3. Vestibular Neuritis

Ketika syaraf Vestibular yang terletak di telinga dalam membengkak dan teriritasi maka akan menimbulkan Vestibular Neuritis. Penyebabnya sangat kontroversial. Beberapa ahli percaya penyebabnya adalah karena Infeksi Viral. Namun, yang lain mengatakan orang yang memiliki kondisi Vestibular Neuritis tidak memiliki gejala flu atau pilek.

4. Herpes Zoster Otitis

Penyakit ini disebabkan oleh Virus Vericella-Zoster, yang terbukti menjadi penyebab cacar air, juga menyebabkan penyakit telinga. Penyakit ini terjadi ketika Infeksi Viral menyebar ke syaraf wajah dan telinga bagian dalam. Gejalanya adalah rasa sakit di telinga, kemerahan di daerah telinga dan wajah bahkan terkadang mengalami mati rasa di bagian wajah.

Orang yang terinfeksi mungkin akan mendengar suara yang abnormal atau mengalami kesulitan Pendengaran, Vertigo dan Sakit Kepala. Itulah macam-macam Penyakit Telinga yang umum dialami oleh orang.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.