Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Kolesterol Pada Anak, Bisakah?

Saat ini dunia tempat anda tinggal sudah memasuki era modern dimana semua dibuat menjadi serba instan. Akibatnya, orang-orang yang tinggal di dalamnya pun serba sembrono dan terlalu menggantungkan diri pada kehidupan yang serba instant ini. Salah satunya adalah para orangtua, mereka dengan mudahnya baik itu bapak ataupun ibu meninggalkan anak mereka sendiri dirumah dan hanya meninggalkan nomor telepon untuk memesan makanan cepat saji.

Bayangkan saja jika ini terjadi terus menerus seperti itu pada anak mereka. Sang anak tinggal duduk malas-malasan di rumah dan ketika dirinya lapar maka cukup menekan nomor telepon dan tadaaaa…. makanan sudah datang dan siap untuk dimakan. Ya, dia hanya duduk seharian, tidak ada gerak fisik, dan terus mengkonsumsi makanan cepat saji terus menerus… hasilnya? Tubuh sang anak akan menjadi super gemuk alias obesitas dan inilah yang menjadi awal terjadinya kolesterol pada anak.

Beberapa ahli kesehatan awalnya tidak percaya tentang hal ini karena permasalahan kolesterol yang terjadi pada anak-anak seharusnya hanya dalam jumlah yang sedikit saja, namun siapa sangka jumlahnya semakin meningkat drastis setiap tahun dan bahkan setiap bulan. Akhirnya setelah diselidiki, gaya hidup dari para orangtualah yang menyebabkan sang anak menjadi bulan-bulanan makanan berkolesterol tinggi dan lebih parahnya mereka akan mengikuti gaya tersebut.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui kadar Kolesterol pada Anak?

Jika anak anda sudah terserang kelebihan kolesterol maka anda harus segera membawanya ke laboratorium pengecekan. Kolesterol ini bukan hanya bisa menyerang anak-anak yang gemuk saja tetapi juga bisa menyerang anak berbadan kurus sekalipun, jadi jika anda menemukan gejala-gejala seperti kepala pusing, sering tidur-tiduran maka saatnya anda bertindak sebelum terlambat.

Seorang anak berada dalam batas normal apabila tingkat total kolesterolnya kurang dari 170 mg/DL. Jika total kolesterolnya mencapai 170-199 mg/DL maka saatnya anda untuk lebih memperhatikan apa yang akan dimakannya lain kali. Dan apabila total kolesterolnya berada di 200 mg/DL ke atas maka anda harus segera melakukan gerak cepat untuk pengobatan dan penanganan kolesterol pada anak anda.

Bagaimanakah cara untuk mencegah kolesterol pada anak ini?

Agar anak anda bisa terhindar dari penyakit kolesterol, maka anda harus memberikan gaya hidup yang sehat. Mulai dari mengatur  pola makan yang sehat dan tidak berlebihan, sampai dengan mengajarkannya untuk membiasakan berolahraga.

Beberapa tips yang bisa anda coba diantaranya:

  • Memberikannya makan 3 kali dalam sehari dimana ada selingan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan didalamnya.
  • Atur jam makan anak secara baik agar kebutuhan anak selalu terpenuhi.
  • Kurangi kandungan lemak dalam makanan anak anda agar dia tidak terbiasa untuk mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.
  • Berikan makanan yang bervariasi agar dia tidak cepat bosan, selingi juga dengan jajan semacam pudding sekali-sekali.
  • Ajaklah anak anda untuk membiasakan diri untuk bergerak aktif dengan melakukan olahraga yang menyenangkan seperti trampolin, basket, ataupun sepak bola.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.