Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Kesehatan Mulut dan Gigi pada Anak

Banyak orangtua yang kurang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak. Pada kenyataannya, berbagai macam gangguan kesehatan yang menyerang mulut dan gigi pada anak bisa mengakibatkan dampak lain yang lebih serius dan berbahaya seperti terjangkitnya tumor, gangguan sistem syaraf atau bahkan kanker. Sebagai bahan pertimbangan agar orangtua tidak menganggap sepele pemeliharaan kesehatan mulut dan gigi pada anak, ada baiknya mengetahui beberapa data dan fakta yang berhasil diolah dariberbagai sumber berikut ini.

Tips dan triks

Beberapa tips dan triks yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak, yaitu:

  1. Kumur. Rajin kumur menggunakan obat kumur yang mengandung desinfektan agar plak dan bakteri yang biasa tumbuh pada sela gigi menjadi lebih mudah diatasi.
  2. Bersihkan gigi. Rajin membersihkan gigi dari sisa makanan atau minuman yang rawan menimbulkan plak gigi dengan menggunakan sikat gigi atau benang flossing. Gunakan juga pasta gigi yang dapat digunakan untuk mempermudah pembersihan plak.
  3. Makanan manis dan lengket. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan lengket karena rawan menimbulkan perlekatan pada permukaan atau sela gigi.
  4. Vitamin C. Perbanyak konsumsi vitamin C untuk mencegah terjadinya radang gusi atau perdarahan pada gusi. Vitamin C juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya stomatitis atau sariawan pada bibir dan langit-langit mulut.

Manfaat dan kegunaan

Beberapa manfaat dan kegunaan menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak, yaitu:

  1. Gangguan penyakit. Berbagai jenis gangguan atau penyakit pada gigi seperti gingivitis, periodontitis atau keropos gigi bisa dicegah. Sebagaimana diketahui berbagai jenis gangguan kesehatan pada mulut dan gigi seringkali disertai dengan rasa nyeri, pembengkakan hingga perdarahan.
  2. Estetika. Terjadinya pertumbuhan gigi yang tidak rata, gigi yang berwarna kekuningan atau bahkan gigi yang tanggal dapat mengganggu nilai estetika atau kecantikan wajah.
  3. Gangguan makan. Terganggunya kesehatan mulut dan gigi secara tidak langsung berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya gangguan makan. Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan pada akhirnya akan mempengaruhi gangguan kesehatan secara global.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.