Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Kenali Tipe-Tipe Diabetes Sejak Dini

Tipe-tipe diabetes terbagi ke dalam tiga kategori besar; tipe-tipe yang dimaksud di sini adalah tipe diabetes mellitus, yaitu penyakit metabolisme yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah sebab kurangnya produksi insulin, ataupun tubuh tidak mampu merespon insulin yang diproduksi. Terdapat tiga ciri umum diabetes mellitus, yaitu polyuria atau intensitas buang air kecil yang berlebihan, polydipsia atau rasa haus yang berlebih, dan polyphagia atau rasa lapar yang berlebihan.

Berikut Tipe-Tipe Diabetes Yang Perlu Kita Ketahui:

  1. DM Tipe 1
    Diabetes mellitus tipe 1 ditandai dengan kegagalan tubuh untuk memproduksi insulin. Oleh sebab itu, pasien diabetes mellitus tipe 1 harus menerima injeksi insulin segara reguler setiap hari. Kasus diabetes tipe 1 ini banyak ditemukan pada anak-anak. Penyebab diabetes tipe 1 ini tidak dapat dipastikan secara pasti. Auto imun menjadi salah satu penyebab di mana sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. Virus dan faktor genetis juga menjadi penyebab diabetes tipe 1. Penyakit ini tergolong kronis dan perawatan yang dapat dilakukan adalah injeksi insulin secara berkala.
  2. DM Tipe 2
    Diabetes tipe 2 adalah kasus yang paling banyak ditemukan saat ini. Diabetes tipe 2 biasanya ditemukan pada orang dewasa pada umur 40 tahun ke atas. Faktor genetis dapat menjadi penyebab penyakit ini. Obesitas, gaya hidup tidak sehat, konsumsi berlebih dan jarang olahraga juga memiliki resiko terhadap diabetes tipe 2. Dalam kasus ini, tubuh dapat memproduksi insulin, namun tidak dapat merespon dan menggunakannya sesuai kebutuhan metabolisme tubuh untuk menjaga kadar gula darah dalam kondisi normal. Diabetes tipe 2 ini jarang terdeteksi sejak awal. Bahkan, banyak penderita diabetes awalnya tidak sadar jika mereka mengidap penyakit tersebut, hingga ciri-ciri umum diabetes seperti polyuria, polydipsia, polyphalgia, kelelahan, dan luka yang susah sembuh muncul secara berkala. Sama seperti tipe 1, diabetes tipe 2 bersifat kronis dan perawatan yang dilakukan adalah terapi insulin serta pengobatan oral anti diabetik.
  3. Diabetes Gestational
    Diabetes gestational merupakan penyakit yang banyak ditemukan pada ibu hamil. Penderita diabetes gestational sebelumnya tidak terdeteksi menderita diabetes, namun kadar gula darah meningkat pada masa kehamilan. Wanita yang menderita diabetes gestational beresiko terhadap diabetes tipe 2 dan juga penyakit kardiovaskular. Sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat dan pemeriksaan sejak awal untuk mencegah dan mendeteksi tipe-tipe diabetes sejak dini.

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.