Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Kenali Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kenali jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya? Bukankah cuma ada jerawat biasa dan jerawat batu? Eitss…tunggu dulu. Jerawat bukan hanya dua jenis itu saja. Masih banyak jenis jerawat yang lainnya, yang bila tidak dikenali dengan baik justru dapat menimbulkan masalah pada kulit.

Kenali jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya berikut ini agar kulit tidak kehilangan kesempurnaannya. Jenis jerawat yang pertama adalah jenis non-inflammatory atau yang tidak terasa sakit. Jenis ini biasa disebut dengan komedo. Jerawat ini disebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori kulit akibat minyak berlebih, sel kulit mati, atau keratin. Ada dua jenis komedo, yakni komedo hitam dan putih. Untuk mengatasinya, rajinlah mencuci muka dan gunakan pembersih atau masker yang dapat mengangkat sel kulit mati atau menghilangkan minyak berlebih.

Jenis jerawat kedua adalah jenis inflammatory atau yang terasa sakit. Jenis ini biasanya disebabkan adanya pori-pori tersumbat, infeksi bakteri, hormon, atau stres. Ada beberapa jenis jerawat inflammatory, seperti palpules (merah, benjol/bengkak, dan keras), pustules (merah dengan bentuk kubah berisi nanah), nodule (lebih besar dari pustules dan bila dipegang terasa sakit). Untuk mengatasi jerawat jenis ini, gunakan sabun muka khusus yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat serta obat khusus jerawat. Hindari stres karena jerawat ini bisa dipicu stres.

Milia merupakan jenis jerawat yang tidak sakit, namun bisa mengganggu. Jerawat ini berbentuk putih keras. Jerawat ini terbentuk karena penyerapan protein yang tidak sempurna. Saat ini belum ada obat untuk mengatasinya. Dokter biasanya akan menggunakan alat khusus untuk menghilangkan jerawat ini.

Terakhir adalah jerawat kronik. Jerawat ini mirip dengan jenis jerawat inflammatory, namun lebih parah karena dapat menyebar dan tidak dapat disembuhkan. Jenis ini jarang ditemukan, namun biasanya menyerang seseorang berusia di atas 30 tahun. Untuk mengatasinya, biasanya dokter memberikan antibiotik untuk merawat dan mengontrol rasa sakitnya.

Kenali jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya memang sangat dianjurkan. Namun, lebih baik bila kita tahu cara mencegahnya. Bagaimanapun mencegah akan lebih baik, kan?

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.