Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Kenali Gejala Campak Jerman pada Anak

Campak Jerman pada anak sering dianggap penyakit ringan, karena anak-anak biasanya tetap bisa beraktivitas seperti
biasanya. Namun bukan berarti orang tua boleh mengabaikannya. Kesehatan anak-anak tentu menjadi nomor satu yang harus diperhatikan. Kenali gejala campak Jerman pada anak menjadi sangat penting karenanya.

Gejala campak jerman pada anak sebenarnya hampir sama dengan gejala campak, namun lebih ringan daripada campak. Gejala campak jerman pada anak biasanya muncul 14-21 hari setelah si anak terinfeksi virus campak jerman. Gejala awal yang muncul biasanya suhu tubuh anak meningkat, walaupun tidak terlalu tinggi seperti pada campak (antara 370C-380C). Demam ringan ini biasanya terjadi 1 hingga 2 hari. Demam ini disertai pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian belakang telinga atau leher, serta sendi atau badan yang terasa nyeri. Setelah itu, barulah mulai muncul ruam atau bercak merah pada bagian wajah. Biasanya setelah melihat gejala ini, orang tua sudah bisa memperkirakan bahwa ini adalah sakit campak.

Setelah dari wajah, ruam atau bercak tadi akan mulai menyebar ke tubuh bagian bawah, mulai dari leher, lengan, perut dan bagian tubuh lainnya. Ruam-ruam ini kadang terasa gatal sehingga anak-anak sering menggaruknya. Ruam atau bercak merah tadi akan nampak membesar bila menyatu. Perbedaan ruam pada campak dengan ruam campak jerman adalah ruam campak jerman yang muncul tidak sebanyak ruam pada campak. Ruam ini akan bertahan selama beberapa hari, biasanya 3-4 hari. Gejala lain yang juga bisa terjadi adalah mata merah berair, hidung meler atau pilek, batuk ringan, serta kehilangan nafsu makan. Akan tetapi, ada juga anak yang tidak menunjukkan gejala awal sama sekali, dan langsung muncul bercak merah.

Mengenali gejala campak jerman pada anak sedini mungkin akan sangat baik, orang tua dapat segera memberi perawatan yang tepat pada anak sehingga vitalitas tubuh anak tetap terjaga. Selain itu, dengan mengenali gejalanya secara dini akan dapat mencegah penularan penyakit ini pada anak-anak yang lain.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.