Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Kenali Dan Bersihkan Telinga Dengan Benar

Telinga manusia terdiri dari tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga bagian dalam. Telinga luar terdiri dari daun telinga dan liang telinga. Bagian ini berfungsi  untuk menangkap  suara, menentukan asal  suara, dan melipatgandakan frekuensi suara.

Telinga tengah terdiri dari membran timpani (gendang telinga) dan tulang-tulang pendengaran yang berfungsi  sebagai  penguat  suara. Telinga bagian dalam berupa sel rambut  yang  melingkar  seperti siput dan berfungsi  mengubah  antara  suara menjadi  sinyal elektrik  yang  akan diteruskan ke sel-sel saraf pendengaran  di  otak.

Kenali  dan bersihkan telinga  dengan benar.  Sedemikian kompleksnya  “isi”  telinga, maka  sangatlah pentin  untuk  menjaga  kebersihan  dan  kesehatan  organ  ini. Itu artinya, kita wajib membersihkan telinga secara rutin dengan cara yang benar.

Hindari menggunakan earpick berbahan logam, jepit rambut, atau tulang bulu ayam saat membersihkan telinga. Benda-benda ini bisa mengakibatkan iritasi pada telinga. Gunakan cotton bud yang diolesi baby oil, dan bersihkan telinga hanya pada bagian luar saja. Cukup bersihkan daun telinga dan bagian terluar liang telinga. Jangan bernafsu memusnahkan kotoran telinga (serumen/ear wax) dengan mengoreknya dalam-dalam dan berharap dapat terbawa keluar. Anda justru mendorong kotoran lebih dalam dan bisa merusak gendang telinga.

Untuk membersihkan ear wax yang kering/keras, Anda bisa meneteskan cairan karbogliserin atau baby oil ke dalam telinga dan menunggu beberapa menit hingga kotoran melunak dan dapat dibersihkan dengan mudah. Namun jika  Anda ragu, minta dokter spesialis THT untuk membersihkan kotoran tersebut.

Kenali dan bersihkan telinga dengan benar. Tak perlu melakukan terapi ear candle di salon untuk membersihkan telinga. Belum ada bukti  ilmiah bahwa terapi ini efektif, malah justru berbahaya. Sebuah survey  yang diadakan di Inggris menyebutkan bahwa para ahli THT dilaporkan pernah menangani cidera akibat terapi ear candle seperti  terbakar, saluran telinga menutup, gendang telinga berlubang, dan infeksi saluran telinga yang menyebabkan kehilangan pendengaran sementara.

Oh ya, jika Anda ingin membersihkan telinga dengan cara meneteskan air saat mandi juga bisa, Anda teteskan saja air, tunggu 1 detik lalu kembali miringkan kepala Anda ke arah berlawanan sehingga air tadi langsung keluar berbarengan dengan kotorannya. Namun, pastikan bahwa air yang Anda gunakan tidak terlalu dingin ataupun panas, karena air yang berlebihan suhunya bisa membuat Anda vertigo. Anda tahu sendiri vertigo rasanya sangat menyakitkan.

Membersihkan telinga memang harus dengan seksama dan tepat, bukan hanya sekadar membersihkan namun justru malah membuat  telinga menjadi rusak. Penggunaan benda pembersih yang diharapkan membersihkan telinga malah bisa membuat kotoran semakin jauh masuk ke dalam telinga bahkan merusak gendang telinga.

Pembersihan telinga juga bisa dilakukan langsung oleh dokter spesialis THT jika Anda takut untuk membersihkannya. Ada alat  yang dimiliki untuk membersihkan kotoran telinga. Walau sebetulnya kotoran telinga adalah sesuatu  yang wajar dimiliki karena dihasilkan oleh lapisan saluran telinga, namun jumlah yang berlebihan memang sanga  mengganggu. Ketika telinga  Anda  dibersihkan jangan kaget ketika Anda mendapati  di dalam telinga Anda ada kotoran lainnya seperti serpihan rambut  Anda sendiri. Heeem…

Kadang dokter juga memastikan dulu apakah telinga Anda bisa dibersihkan secara  alami atau membutuhkan perawatan lain seperti  dengan pelunakan terlebih dahulu atau riskan jika langsung dibersihkan karena sensitifitas  gendang telinga.  Dokter yang memutuskan apakah dia akan menyedot atau mengorek kotoran telinga Anda.

Telinga yang kotorannya dibersihkan sebetulnya sebagai salah satu cara agar kotoran tidak semakin menumpuk dan juga  mencegah benda asing lainnya masuk. Namun, sebetulnya kotoran telinga juga bisa melindungi bagian telinga paling dalam dari infeksi. Jadi kotoran memiliki fungsi yang pasti jika dalam kadar yang normal, namun pada kadar yang berlebihan akan jadi sesuatu yang membuat kita tidak nyaman.

Tahukah Anda, pada dasarnya kotoran telinga ini bisa membersihkan diri secara alami. Kotoran telinga bergerak perlahan ke atas dan keluar dari telinga untuk kemudian kering dan akhirnya rontok.  Bahkan kotoran telinga bisa juga tercuci tanpa sengaja saat Anda sedang mandi dan keramas. Ketika sedang mandi, Anda bersihkan saja cuping luar telinga, bersihkan dinding luarnya, namun jangan memasukkan jari  Anda ke dalam lubang telinga khawatir ada air yang menetes ke dalamnya.

Nah, sudah mengenal  telinga  Anda dengan baik? Sudah tahu apa fungsi  dari telinga Anda. Semakin mengenal  telinga  Anda dan bagaimana membersihkannya dengan tepat akan membuat  telinga  Anda tetap sehat serta bisa menjadi organ vital yang sangat bermanfaat.

Telinga  Anda bukan hanya sehat namun juga membutuhkan sentuhan cantik apalagi  bila Anda pasangkan anting  yang manis. Selamat menjaga telinga Anda dengan baik!

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.