Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Kenali Daftar Makanan Pantangan Asam Urat

Senyawa asam urat menjadi faktor resiko nomor satu dari penyakit Asam Urat. Jika sedang menjalani diet tinggi senyawa asam ini, maka kemungkinan menderita penyakit asam urat sangat besar. Di bawah ini akan dipaparkan daftar makanan pantangan asam urat  yang harus dihindari jika tubuh rentan terhadap penyakit asam urat atau jika sedang berusaha menyembuhkan penyakit tersebut.

Bagi penderita asam urat, diet memainkan peran kunci dalam membantu menghilangkan gejala asam urat dan mencegah serangan berulang asam  urat. Sangat penting untuk mencegah serangan berulang asam  urat karena terlalu banyak serangan asam urat dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kerusakan sendi secara permanen bahkan masalah ginjal.

Dari mana asam urat berasal? Dari konsumsi zat purin yang terdapat dalam makanan secara berlebihan. Masalahnya adalah berbagai ragam makanan memiliki tingkat kandungan purin yang berbeda pula, jadi sangat perlu untuk dapat mengidentifikasi dan menghindari makanan yang tinggi purin sebagai makanan pantangan asam urat.

Penyebab gejala asam urat adalah kristal asam urat yang telah mengendap pada persendian seperti di ibu jari kaki/jempol kaki. Hal ini terbentuk dari peningkatan kadar asam urat dalam darah sebagai akibat dari ketidakmampuan ginjal untuk mengeluarkan senyawa asam urat yang berlebih dari tubuh. Dan asam urat sendiri adalah hasil pemecahan senyawa alami yang disebut purin dalam tubuh dan makanan. Tapi biasanya, ginjal akan memproses dan mengeluarkan kelebihan asam tersebut dari dalam tubuh dan hanya mengambil secukupnya untuk kebutuhan tubuh.

Sebagai penderita asam urat pasti memiliki kadar asam urat relatif tinggi dibanding yang dibutuhkan oleh tubuh dan harus dikurangi. Kandungan purin dalam makanan sangat bervariasi dari tingkat yang relatif rendah sampai tingkat yang sangat tinggi. Dan makanan pantangan asam urat yang harus dihindari adalah makanan yang tinggi atau sangat tinggi kandungan purinnya.

Perlu diketahui bahwa makanan yang mengandung purin tinggi adalah makanan berprotein tinggi.  Untuk memudahkan, berikut adalah daftar makanan pantangan asam urat yang mengandung purin tinggi yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

  1. Ikan/seafood (ikan teri, sarden, makarel, herring, telur ikan, kepiting, kerang, udang, cumi-cumi, dll)
  2. Kacang-kacangan (kedelai, kacang hijau, kacang tanah, melinjo, taoge, tahu, oncom, tempe, tauco, dll)
  3. Jeroan (ginjal, hati, otak, jantung, limpa, babat, usus, paru)
  4. Unggas (angsa, kalkun, bebek, burung, ayam hutan, dll)
  5. Kuah (kaldu daging)
  6. Daging (daging merah berlemak, daging cincang, ekstrak daging seperti abon, kornet, dendeng. Dll)
  7. Ragi (ragi roti, ragi minuman beralkohol, ekstrak ragi, tape)
  8. Buah (durian, nanas, air kelapa, alpukat)
  9. Sayuran (kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung)

Meskipun bukan makanan, minuman beralkohol terutama bir juga harus dihindari karena alkohol telah terbukti menjadi pemicu serangan asam urat. Daftar di atas bukanlah daftar lengkap makanan pantangan asam urat, tetapi setidaknya bisa memberikan gambaran makanan pantangan asam urat apa saja yang wajib dihindari bagi penderita.

Saran terakhir adalah milikilah buku catatan makanan sehari-hari untuk melacak dan mengidentifikasi kebutuhan makanan masing-masing individu, yaitu makanan yang aman dimakan dan makanan yang harus dihindari, dengan begitu penderita asam urat telah berhasil mengidentifikasi makanan apa saja sebagai penyebab asam urat bagi dirinya. Cara inilah yang sukses digunakan oleh para mantan penderita asam urat di seluruh dunia untuk mencegah penyakit asam urat mereka menyerang kembali.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.