Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Kandungan Gizi Susu

Kandungan gizi susu, banyak orang percaya bahwa susu merupakan minuman yang sehat. Hal ini adalah pendapat yang dapat dibenarkan. Susu, seperti yang anda ketahui, tidak hanya mengandung 1 jenis gizi, tetapi terdapat banyak gizi dalam susu. Jika kita mendengar kata susu, hal pertama yang terlintas dalam benak kita adalah susu sapi. Padahal, terdapat banyak jenis susu yang bersumber dari tidak hanya hewan, tetapi juga tumbuhan, yaitu susu kedelai. Dari berbagai jenis susu yang kita kenal dalam masyarakat, semua susu pada intinya sama, yaitu menyehatkan dan bergizi. Dalam artikel ini kita akan secara khusus membahas kandungan susu sapi dan susu kedelai.

Kandungan Gizi Susu Sapi

Susu sapi terkenal sebagai minuman sehat yang paling populer, banyak produk olahan susu sapi. Hal yang terpenting yang harus anda ketahui adalah macam-macan gizi yang terdapat pada susu sapi. Pertama yaitu kandungan potassium. Potassium adalah zat yang berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan darah tinggi karena zat ini dapat menggerakkan dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah kita terjaga. Kedua, terdapat zat besi, vitamin A, dan tembaga yang dapat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Dalam fungsi kandungan gizi susu sapi yang ketiga, hal yang menarik adalah susu kandungan seng dan yodium dalam susu sapi membuat kerja otak menjadi maksimal. Keempat, banyak orang telah mengetahui bahwa susu kaya akan kalsium, sehingga meminum susu sapi akan membuat tulang anda kuat. Kelima, susu sapi mengandung magnesium yang dapat membuat anda rileks karena magnesium dalam susu sapi dapat membuat saraf dan jantung kita tahan terhadap kelelahan. Dan yang terakhir, vitamin B2 dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman mata anda, dan juga zat seng dalam susu sapi dapat mempercepat penyembuhan luka.

 Kandungan Gizi Susu Kedelai

Susu kedelai sekarang menjadi populer, dan menjadi minuman susu favorit kedua setelah susu sapi. Susu kedelai kini lebih nikmat, terdiri dari berbagai macan rasa. Tidak kalah dengan susu sapi, susu kedelai juga kaya akan gizi, diantaranya yang utama adalah protein, vitamin dan nutrisi lain, serta lemak. Protein merupakan kandungan gizi utama pada susu kedelai. Protein yang terdapat dalam susu kedelai hamper menyamai protein susi sapi. Jika dibandingkan, dalam satu gelas cangkir susu sapi terdapat 8 gram protein, sedangkan dalam susu kedelai terdapat 6 gram protein. Zat nutrisi yang kedua yang akan dibahas adalah vitamin dan nutrisi lainya. Karena susu kedelai merupakan sumber nutrisi nabati, susu kedelai terbuat dari tumbuh-tumbuhan, sehingga terdapat perbedaan dalam kandungan nutrisi. Jika susu sapi kaya akan vitamin D, kalsium dan zat fosfor yang terutama baik bagi tulang dan gigi. Susu kedelai mengandung banyak vitamin E dan antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Susu kedelai juga mengandung fosfor dengan kadar paling tinggi 60%. Untuk para perempuan hendaknya membatasi konsumsi terhadap susu kedelai karena terdapat suatu zat, yaitu zat isoflavon. Isoflavon ini dapat mengurangi efek estrogen dalam tubuh wanita. Zat gizi selanjutnya yang harus anda kenal yang terkandung dalam susu kedelai adalah zat lemak. Lemak yang terkandung dalam susu kedelai merupakan lemak yang baik bagi tubuh karena terbuat dari sari tumbuh-tumbuhan yaitu kedelai. Susu kedelai mengandung lemak yang tidak jenuh sehingga tidak mengandung kolesterol. Karena hal ini susu kedelai menjadi banyak pilihan bagi orang yang tidak menyukai atau alergi terhadap susu sapi.

Dalam artikel ini hal yang dapat kita simpulkan adalah masing-masing susu diatas merupakan susu yang berasal dari sumber yang berbeda dan tentunya memiliki ciri khas dan kandungan gizi susu yang berbeda.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.