Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Kadar Gula Darah Diabetes

Orang yang belum pernah terkena penyakit diabetes kebanyakan tidak pernah melakukan cek gula darah apalagi memahami angka-angka yang ada didalamnya. Jadinya tidak heran jika suatu saat ada seorang temannya menunjukkan angka gula darah, dan dia sama sekali tidak mengerti apa yang dibicarakan. Nah, sebenarnya seberapa penting sih memahami Kadar Gula Darah Diabetes? Bisa dibilang cukup penting jika anda ingin menjaga tubuh anda dari penyakit diabetes yang selalu mengintai dimanapun anda berada. Untuk memahami lebih lanjut tentang ini berikut adalah penjelasan mengenai kadar gula darah yang masuk dalam kategori diabetes.

Badan kesehatan dunia bernama WHO memiliki kewajiban untuk bisa menetapkan standar internasional dalam bidang kesehatan. Nah pada masalah diabetes ini pihak WHO sudah menetapkan beberapa standar khusus dimana inilah yang nantinya akan dijadikan sebuah patokan umum. WHO begitu perduli dengan permasalahan diabetes, karena berdasarkan perhitungan ekonomi jika penyakit ini semakin marak dan parah akan bisa mempengaruhi kesejahteraan dari umat manusia itu sendiri.

WHO sering kali mengumpulkan beberapa pakar kesehatan di dunia untuk membahas tentang penyakit diabetes. Ya, penyakit diabetes ini sangat mudah untuk menyerang siapapun mulai dari yang masih anak-anak, anak muda, remaja, orang dewasa sampai dengan orang tua dan manula sekalipun. Dari kejadian ini WHO kemudian mencoba menerapkan sebuah standard khusus, akan tetapi muncul beberapa penolakan karena standard diabetes tersebut dianggap tidak sesuai untuk beberapa golongan yang ada di Negara tertentu. Salah satu yang menolak dan mengkaji ulang penetapan standard WHO ini adalah ADA (American Diabetes Association), dimana menyatakan bahwa di Amerika telah terjadi pergeseran batas aman dari Kadar Gula Darah Diabetes.

Akibat ini, WHO kemudian mempelajari lebih lanjut mengenai standard buatan mereka dan standard dari ADA yang kemudian membuahkan sebuah standar tetap untuk kadar gula dalam darah. Nah seperti apakah bentuk penetapan kadar gula darah yang ditetapkan oleh WHO hingga saat ini? Berikut adalah penjelasan singkatnya. Untuk menentukan kadar gula dalam darah, pihak WHO menggunakan 2 buah satuan yaitu mmol/L dan juga mg/dL dimana :

  • Kadar Gula Darah yang Normal saat sedang Tidak Makan / Puas

Berkisar : < 6,1 mmol/L atau < 110 mg/dL

  • Kadar Gula Darah yang terkena Diabetes saat sedang Tidak Makan / Puasa

Berkisar : > 7 mmol/L atau > 126 mg/dL

  • Kadar Gula Darah yang Normal setelah Makan 2 Jam

Berkisar : < 7,8 mmol/L atau < 140 mg/dL

  • Kadar Gula Darah yang terkena Diabetes setelah Makan 2 Jam

Berkisar : > 11,1 mmol/L atau > 200 mg/dL

Nah anda tidak perlu menggunakan kedua satuan mmol/L dan mg/dL untuk menentukan kadar gula darah anda. Ya, anda bisa menggunakan salah satunya saja karena biasanya memang beberapa alat khusus untuk menguji gula darah hanya ada 1 satuan saja diantara itu. Untuk melakukan pengukuran Kadar Gula Darah Diabetes anda, selain menggunakan alat khusus juga bisa dilakukan dengan datang ke dokter. Dengan datang ke dokter anda bukan hanya sekedar melakukan pengetesan melainkan anda juga akan mendapatkan penjelasan serta mengenai angka kadar gula darah anda sekaligus bagaimanakah cara menanganinya lebih lanjut.

Ya, memang sangat disarankan menguji kadar gula darah anda di dokter untuk pertama kalinya, sehingga nantinya anda bisa mendapatkan pengertian tentang angka tersebut, kegiatan yang wajib anda lakukan untuk penurunan gula darah, makanan rekomendasi serta makanan yang juga dilarang bagi anda. Setelah anda benar-benar mengerti, barulah berikutnya anda bisa menggunakan alat khusus yang steril untuk menguji gula darah anda. Semoga artikel ringkas ini bisa membantu para sobat yang kurang mengerti tentang kadar gula darah :)

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.