Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Jenis Tanaman Yang Bermanfaat di Rumah

Halaman rumah bisa menjadi tempat yang sangat asyik dan menyenangkan. Bagi anak-anak saja? Tidaaak, kita semua tahu halaman rumah sangat efektif sebagai tempat bersantai yang nyaman, segar, sehat dan murah! bagi anak, bayi, balita, papa mamanya, kakek neneknya bahkan tetangganya (yang lagi maeen)!

Tentunya untuk menjadikan halaman rumah menjadi tempat bersantai yang nyaman, segar, sehat dan murah, kita perlu sedikit bekal pengetahuan, tanaman apa aja yang bermanfaat untuk rumah kita (bukan untuk kecantikan kulit ya Bunda…). Yuk, mari kita simak bersama-sama. Gampang kok, ada yang bisa ditanam dalam pot juga, tapi manfaatnya tetep dapet.

 

Pengusir serangga

Serangga, terutama nyamuk, sering mengkhawatirkan kita karena nyamuk ditengarai sebagai biang keladi berbagai penyakit, dari yang parah seperti Demam Berdarah sampai yang agak ringan seperti ‘mules’.

Untuk mengurangi serangga yang berdatangan, tanaman berikut ini bisa bermanfaat.

  1. Bunga Geranium / Tapak dara
  2. Bunga Lavender
  3. Bunga Rosemary
  4. Bunga Selasih
  5. Citrosa Mosquito
  6. Mintrosa of Lady Diana
  7. Bunga Marigold
  8. Bunga Kecombrang
  9. Bunga Zodia
  10. Serai Wangi
  11. Akar Wangi

 

Tanaman Hias

Tanaman hias bisa dikategorikan 2 jenis, yaitu daun dan bunga.

Contoh Tanaman Hias Daun adalah Suplir, Keladi Red Star, Aglaonema, Dieffenbachia, Kuping Gajah, Paku Tanduk Simbar Menjangan, Saka Asparagus Plumosus.

Contoh Tanaman Hias Bunga adalah Begonia semperflorens dan African violets & violltjes.

 

Sayur- sayuran dan buah

Mm..mmm..  Sayur-sayuran dan buah tentu bermanfaat. Rumah asri, kalau udah berbunga, berbuah atau berdaun, sayurannya bisa dimasak, buahnya bisa dimakan. Sehat, organik dan murah.

Beberapa sayuran yang bisa ditanam di kebun kecil adalah sawi, cabe/lombok, brokoli, kangkung, bayam, tomat, daun ginseng, beluntas, jeruk purut, kemangi, serai wangi, lidah buaya, pohon katuk.

Buah yang biasa ditanam di halaman adalah mangga, jambu air, jambu merah, jeruk nipis, terong, blimbing wuluh, sirsak, mengkudu. Biasanya bergantung pada daerahnya. Dataran tinggi atau rendah.

 

Penyerap polutan

Supaya udara di sekitar rumah sehat dan segar, sangat disarankan menanam tanaman penyerap polutan.  Beberapa tanaman penyerap bahan polusi adalah jenis Sanseviera, Philodendron, Ivy, Chrysanthemum, Paku Boston, Sinti Belanda, dan Beringin.

 

Peredam bunyi

Bila rumah kita sering mengeluarkan bunyi-bunyian keras, misalnya karena sering dipakai latihan menyanyi, latihan music, drama atau menyalakan diesel, sepertinya perlu dipertimbangkan untuk menanam Bambu Jepang atau Dolar (Ficus pumila) guna meredam kebisingan. Tanaman jenis ini cocok sebagai penghias pagar ataupun halaman dan teras. Selain itu, ada buah yang manis dan legit ternyata pohonnya bisa meredam bising, apakah itu? Pohon kelengkeng!

 

Pewangi

Ingin rumah kita wangi alami, nggak pakai semprotan pengharum ruangan? Tanamlah Kaca Piring, Sedap Malam, Kua Hua (Osmanthus fragrans), atau Cestrum.

 

Rempah

Rempah sangat berguna untuk memasak dan membuat ramuan herbal (biasanya kita menyebut jamu). Rempah yang sering dipakai adalah jahe, kunci, kencur, lengkuas, temulawak, kunyit. Daun kunyit bisa dimasak sebagai sayuran.

 

Peneduh

Di Indonesia tercinta ini, sinar matahari bersinar setiap hari dari pagi sampai sore, jadi di berbagai tempat, di jalanan manapun kita akan menemukan pohon-pohon peneduh. Nah, di rumah kita barangkali juga dibutuhkan peneduh ?

Peneduh yang sering digunakan adalah Kersen, Buni, Janda Merana, atau Trembesi. Selain kokoh menjaga tanah, tanaman ini menjadi penyejuk dari panasnya matahari dan cuaca.

 

Negeri kita kaya akan tanaman, mari memanfaatkan dan melestarikan kekayaan ini pertama-tama dimulai dari rumah kita sendiri. Salam!

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.