Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Jenis Makanan Sehat Yang Harus Dikonsumsi Pada Ibu Hamil

Mengkonsumsi makanan sehat selama kehamilan sangat penting sekali untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Makanan sehat yang kita konsumsi selama kehamilan dapat membangun sistem kekebalan tubuhnya.

Dengan  Mempertimbangkan riwayat medis pada wanita hamil, kemungkinan seorang dokter spesialis dapat menyarankan ibu hamil tersebut untuk mengikuti pantangan dan diet yang harus dijalankan. Jenis  makanan sehat seperti beras merah, gandum pasta, roti gandum, sereal, unggas, ikan, telur dan kacang-kacangan sebaiknya harus di konsumsi selama kehamilan.

Untuk vitamin, sebaiknya ibu hamil makan buah-buahan seperti melon, anggur, apel, pisang, jeruk dan stroberi, ataupun sayuran seperti bayam, selada. Ibu hamil harus menghindari minum minuman yang mengandung kafein, nikotin,alkohol agar terhindar dari bayi lahir cacat atau malformasi.

Mengkonsumsi  makanan sehat selama kehamilan dapat membantu mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan bagi ibu, sehingga Tubuh pulih dalam waktu singkat dan sang ibu diharapkan akan mampu mengurus bayi  baru lahir lebih cepat dari yang diperkirakan.

Makanan mentah faktanya berisi lebih banyak nutrisi dari makanan yang dimasak. Jika ibu hamil tidak suka mengkonsumsi makanan mentah, berarti ibu hamil harus memilih metode memasak di mana kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut tetap terjaga.

Beberapa jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi pada ibu hamil:

  • Makanan yang mengandung asam lemak esensial, yang diperlukan oleh janin untuk pertumbuhan otak dan pembelahan sel, makanan yang banyak mengandung asam lemak esensial seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, jagung dan kedelai.
  • Makanan yang mengandung Vitamin D, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berat badan bayi lahir rendah atau di sebut BBLR di samping itu dapat menyebabkan juga penyakit osteomalacia pada ibu.  Makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti ikan salmon, ikan tuna, sarden.
  • Makanan yang mengandung Vitamin E, vitamin E ini sangat penting terutama dalam waktu 10 minggu terakhir dari kehamilan. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Vitamin E banyak terdapat pada buah pepaya, buah mangga
  • Makanan yang mengandung Vitamin K,  kekurangan vitamin k dapat mengakibatkan perdarahan dalam bulan pertama setelah kelahiran. Vitamin K banyak terdapat pada sayur sayuran berwarna hijau.
  • Makanan yang mengandung Asam folat. Asam folat diperlukan pada awal kehamilan yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel sel syaraf otak pada janin.  Kekurangan Asam folat dapat menyebabkan keguguran, pertumbuhan janin terhambat,  di samping itu dapat terjadi malformasi janin, atau kelahiran prematur. Makanan yang banyak mengandung asam folat seperti bayam, lobak, brokoli dan hati.
  • Makanan yang mengandung Vitamin B12, Bagi ibu hamil yang vegetarian kemungkinan beresiko mengalami kekurangan vitamin B12 , sehingga butuh suplemen selama kehamilan dan saat menyusui. Janin menyimpan vitamin B12 sampai dengan usia 6 bulan pertama setelah kelahiran. Makanan yang banyak mengandung vitamin b12 seperti kerang, daging merah dan ikan.
  • Makanan yang mengandung Zat besi (fe). ibu harus memiliki cukup zat besi selama kehamilan. Selama masa kehamilan, tingkat hemoglobin dalam darah harus diperiksa secara teratur, kekurangan zat besi di dalam darah dapat menyebabkan anemia.  Jenis makanan yang banyak mengandung zat besi seperti, kerang, ikan asin, sarden,ayam, bebek, jenis kacang-kacangan.

 

 

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.