Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Jenis Makanan Pencegah Diabetes

Makanan pencegah diabetes merupakan makanan yang dianjurkan dokter sebagai terapi untuk mengontrol kadar gula darah. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Selagi kita masih sehat, tentu menghindari penyakit ini lebih baik daripada mengobatinya. Salah satu cara untuk mencegah penyakit diabetes yaitu dengan mengkonsumsi makanan pencegah diabetes. Jika mengkonsumsi makanan ini maka kadar gula dalam tubuh Anda tidak akan naik secara drastis. Namun bagi Anda yang belum terkena diabetes pun disarankan untuk mengkonsumsi makanan tersebut agar gula dalam darah tidak melebihi batas normal.

Apa Saja Makanan Pencegah Diabetes?

Ada banyak sekali makanan yang dapat mencegah diabetes. Umumnya makanan pencegah diabetes merupakan makanan yang kaya akan serat di samping kaya akan vitamin dan mineral. Berikut ini beberapa diantaranya, yaitu :
1. Gandum utuh
Gandum utuh merupakan jenis karbohidrat komplek yang lambat diserap tubuh sehingga ketika dikonsumsi, maka kadar gula darah Anda akan tetap stabil. Gandum utuh kaya akan serat, vitamin esensial dan mineral sehingga baik untuk kesehatan.
2. Beras merah
Beras merah kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras putih. Tingginya serat bermanfaat untuk memperlambat proses masuknya gula darah ke dalam darah sehingga jika dikonsumsi kadar gula dalam darah tidak akan naik secara drastis. Selain itu beras merah juga kaya akan vitamin B, zat besi dan magnesium yang dibutuhkan tubuh.
3. Kacang-kacangan
Aneka jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang polong, kacang panjang dan kacang tanah mengandung kadar lemak yang rendah kalori, serat dan protein yang tinggi sehingga dapat mengurangi gejala diabetes. Serat yang tinggi pada kacang-kacangan mampu memperlambat terlepasnya gula darah ke dalam darah sehingga jika dikonsumsi tidak akan terjadi lonjakan kadar gula darah yang berarti.
4. Ikan salmon dan Tuna
Ikan salmon dan tuna kaya akan omega-3 yang merupakan jenis asam lemak.. Omega 3 inilah yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat arteri dan trigliserida. Selain itu omega 3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan resistensi insulin.
5. Kayu manis
Kayu manis ternyata dapat mengurangi resiko diabetes. Sebuah hasil penelitian menyarankan untuk menambahkan setengah sendok teh kayu manis setiap hari dalam makanan agar sel-sel tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin sehingga gula darah dalam sel dapat diubah menjadi energi.
6. Labu pahit/Karela/Pare
Labu pahit ternyata dapat menurunkan kadar gula dalam darah sekaligus tekanan darah. Sayuran ini pahit rasanya, namun sayuran ini tetap dicintai karena khasiatnya untuk menurunkan kadar gula darah.
Demikian pembahasan seputar makanan yang disarankan untuk penderita diabetes. Anda bisa memasukkan Makanan Pencegah Diabetes ke dalam menu makanan sehari-hari.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.