Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Jenis-Jenis Alat Kontrasepsi: IUD

Alat Kontrasepsi: IUD merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang sangat populer di masyarakat. Alat kontrasepsi ini merupakan sebuah lat yang tidak mempengaruhi sistem hormonal di dalam tubuh seperti halnya pil atau suntik kontrasepsi. IUD merupakan singkatan dari Intra Uterine Device, atau dikenal pula dalam Bahasa Indonesia sebagai AKDR yang merupakan singkatan dari Alat Kontrasepsi Dalam Rahim.

Sesuai dengan namanya, alat kontrasepsi ini memang ditempatkan di dalam rongga rahim. IUD merupakan alat kontrasepsi yang berwujud lentur terbuat dari bahan plastik. Penggunaan IUD harus sangat diperhatikan masa berlakunya. Alat kontrasepsi IUD harus diganti secara berkala setiap periode tertentu. Jika tidak, justru akan membahayakan bagi wanita yang menggunakannya. IUD juga dikenal di kalangan masyarakat dengan nama spiral. Terdapat beberapa jenis alat IUD yang dibedakan berdasarkan bentuknya, lama penggunaannya, dan juga bahan pembuatannya.

Kontrasepsi: IUD Copper T

Alat kontrasepsi yang satu ini terbuat dari bahan polyethelenedan berbentuk seperti huruf T. Pada bagian vertikal alat kontrasepsi IUD jenis Copper T ini terdapat lilitan kawat yang terbuat dari bahan tembaga halus yang memiliki efek antifertilisasi. Selama minimal lima tahun pemakaian IUD Copper T ini, lenovorgegestrel dengan konsentrasi yang rendah dilepaskan. Menurut penelitian, IUD Copper T ini efektif dalam mencegah kehamilan yang tidak direncanakan, juga perdarahan menstruasi.

IUD Copper 7

Alat kontrasepsi yang satu ini mirip dengan IUD Copper T. Perbedaannya adalah bentuknya yang lebih cenderung menyerupai angka 7 sehingga lebih mudah dipasang. Ukuran dari alat kontrasepsi IUD Copper 7 adalah batang vertikal berdiameter 32 mm dan gulungan kawat tembaga dengan luas permukaan 200 mm2.

IUD Multi Load

Jenis lain dari alat kontrasepsi Intra Uterine Device adalah Multi Load yang terbuat dari bahan plastik (polyethelene) dengan sayap yang fleksibel. Panjang alat ini dari ujung atas ke ujung bawah adalah 3,6 cm. Luas permukaan gulungan kawat tembaganya adalah 25 mm2. Terdapat juga jenis IUD Multi Load dengan luas permukaan gulungan kawat 375 mm2 yang lebih tinggi tingkat efektivitasnya. IUD Multi load memiliki tiga ukuran, yaitu standar, small, dan mini.

Lippes Loop

Ini merupakan jenis IUD yang berbentuk seperti spiral dengan benang pada bagian ekornya untuk memudahkan kontrol. Lippes Loop tersedia dalam ukuran A, B, C, dan D.

Alat Kontrasepsi: IUD jenis apapun yang anda pilih, pastikan anda memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari resiko di masa depan.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.