Gaji kantor kurang? Ingin punya penghasilan tambahan? Bisnis online bersama d'BC Network telah terbukti melahirkan banyak jutawan baru.  klik di sini untuk informasi lebih lengkap. 

Jenis Gangguan Pencernaan Pada Lansia

Berbeda dari usia muda, sistem kerja organ tubuh pada lansia mempunyai perbedaan serta penurunan fungsi. Terdapat berbagai jenis gangguan pencernaan pada lansia. Antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Diare. Pada kelompok lansia, sistem pertahanan tubuh mulai mengalami penurunan. Dapat disebabkan karena terjadinya sistem penurunan di berbagai proses metabolisme tubuh termasuk sintesis protein yang bekerja pada sistem imunitas, maupun penurunan efektivitas penyerapan air pada sistem cerna. Jika yang terjadi adalah penurunan kekebalan tubuh, diare yang menyerang lansia sangat dimungkinkan disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Namun jika penyerapan air yang terganggu, maka jenis makanan berperan penting di dalam kasus diare pada lansia ini.
  2. Maag. Jenis gangguan pencernaan pada lansia lainnya adalah maag. Penyakit asam lambung ini banyak dialami. Lansia sering mengeluh lambung terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Terkadang diiringi dengan mual dan muntah. Kembung juga dirasakan oleh sebagian bear penderita maag di usia lanjut. Keadaan dinding lambung pada lansia sudah relatif lebih tipis dibandingkan dengan dinding lambung pada usia yang lebih muda. Oleh karena itu, iritasi oleh akibat asam lambung berlebih lebih cepat menimbulkan terjadinya gastritis pada lansia.
  3. Usus melilit. Gejala menyerupai kolik usus sering dirasakan oleh para lansia. Mereka biasa menyebut sebagai usus melilit. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah rasa perih disebabkan oleh terjadinya kontraksi pada intestinum yang tidak teratur. Hal tersebut dapat muncul salah satunya akibat sistem hormonal yang sudah kurang bagus keteraturannya. Terkadang hormone stress seperti kortikosteroid tersekresi secara berlebih dan mengakibatkan adanya kontraksi usus halus yang kurang teratur. Terkadang rasa sakit ini disertai dengan keluhan lain seperti dada terasa sakit, jantung berdebar.
  4. Sembelit juga menjadi salah satu jenis gangguan pencernaan pada lansia. Penyebab sembelit salah satunya adalah kurangnya keseimbangan pola konsumsi serat. Lansia sering tidak mudah di dalam mengkonsumsi sayuran dan buah. Mereka memiliki kecenderungan pola makan kembali menyerupai anak-anak, yaitu tidak suka sayuran.

Sangat penting untuk mengetahui ke empat jenis gangguan pencernaan pada lansia ini tentu agar dapat mengatasi dan mencegah terjadinya penyakit tersebut dengan baik. Kesehatan itu harta yang paling berharga yang wajib dijaga.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.