Tersedia training online gratis dan sistem online marketing terkini termasuk web, sistem follow up dan randomizer.  klik di sini untuk info lebih lanjut. 

Jantung Janin Tidak Berdetak

Ketika seorang wanita terlambat datang bulan maka akan terbersit secercah rasa bahagia. Karena ada kemungkinan terjadinya kehamilan. Seorang atau beberapa bayi akan menjadi putranya. Yang mewarisi darah kedua orang tuanya.

Periksa ke bidan atau dokter ahli kandungan akan membuat keyakinan lebih karena pemeriksaan lebih intensif daripada sekedar ditest melalui alat tes kehamilan yang ada di pasaran. Apabila diperiksa dengan ultrasonografi makin terlihat kondisi janin yang ada di perut. Apalagi dengan ultrasonografi vagina, lebih jelas dan lebih yakin.

Detak jantung pun mulai terdengar dan berdenyut-denyut. Menandakan kondisi janin. Namun apabila jantung janin tidak berdetak, apa yang harus dilakukan? Janin yang ada di perut merupakan hasil pembuahan dari sperma dengan sel telur. Sel telur tersebut berbentuk seperti lingkaran sinar yang mengelilingi matahari sel. Kemudian sel telur terus bergerak dari tuba falopi menuju rahim sambil terus membelah. Sampai minggu ketiga, sel telur yang telah dibuahi telah menemukan tempatnya di dinding rahim yang disebut blastosit.

Hingga minggu ke-5 telah terbentuk 3 lapisan, yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm. Ectoderm kelak akan membentuk sistim syaraf, otak, kulit, rambut dan tulang belakang. Lapisan mesoderm berfungsi membentuk organ jantung, tulang, organ reproduktif dan buah pinggang. Sedangkan endoderm bertugas membentuk usus, hati, pundi kecil hingga pancreas. Setiap lapisan memiliki tugasnya masing-masing. Janin terus berkembang di dalam perut dengan menyerap nutrisi dan oksigen dari ibunya. Hingga minggu ke-6 ukuran berkisar 2-4 mm. Saat inilah jantung mulai berdetak.

Pada minggu ke-6 ini, wanita mulai merasakan tanda-tanda kehamilan. Telat haid selama dua minggu, mual-mual di pagi hari, merasakan sesuatu di perut, hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan tes kehamilan.

Perkembangan janin di dalam perut akan tumbuh sesuai dengan “jadwalnya”. Namun ketika pada pemeriksaan ke sekian jantung janin tidak berdetak, hal ini akan membuat sedih orangtua dari janin tersebut. Karena jika jantung janin tidak berdetak, hal ini berarti janin telah meninggal di dalam perut dan harus segera dikeluarkan dengan dikuret. Agar kondisi kandungan cepat pulih seperti sedia kala.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.