Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Informasi Penting Tentang Bahaya Rokok

Merokok memang sebuah kebiasaan yang seharusnya dihindari, dan sudah banyak peringatan Tentang Bahaya Rokok yang disebarluaskan kepada masyarakat, bahkan ditempatkan di bungkus kemasan rokok itu sendiri. Kandungan-kandungan kimia yang terdapat di dalam sebatang rokok dapat merusak fungsi dan kerja organ-organ tubuh. Kebiasaan merokok bahkan dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Simak ulasan mengenai bahaya merokok berikut ini.

Tentang Bahaya Rokok: Zat Berbahaya dalam Sebatang Rokok

Sebatang rokok memang terlihat seperti sebuah benda sederhana secara kasat mata. Namun, apabila sebatang rokok dibedah isinya dan diteliti kandungannya, anda akan terkejut betapa sebatang rokok dapat memuat begitu banyak zat berbahaya yang dapat dengan mudah berpindah ke tubuh anda. Ada lebih dari empat ribu zat-zat dalam sebatang rokok. Diantara jumlah tersebut, setengahnya telah dinyatakan berbahaya bagi tubuh manusia.

Diantara zat-zat tersebut terdapat beberapa yang telah diketahui secara luas oleh masyarakat, seperti Tar, Nikotin, Karbon Monoksida. Selain itu ada juga polonium yang merupakan bahan radioaktif. Acetone yang merupakan bahan yang digunakan dalam pembuatan cat juga merupakan salah satu kandungan sebatang rokok. Amonia yang terkandung dalam pencuci lantai, DDT yang terdapat pada racun serangga, naphtalene, arsenic, dan juga gas beracun hydrogen cyanide terdapat pula dalam rokok.

Jadi bayangkan saja semua zat berbahaya itu berpindah dengan cepat dan mengendap di dalam tubuh anda. Sudah barang tentu, tubuh anda akan terganggu fungsinya dan pada akhirnya timbullah penyakit-penyakit yang membahayakan nyawa anda.

Dampak Buruk Merokok

Kandungan zat-zat yang terdapat dalam rokok tentunya berdampak buruk pada tubuh karena memang bukan merupakan zat yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia. Contohnya Tar, yang merupakan karsinogen atau penyebab kanker. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang merupakan karsinogen, terutama yang memicu kanker paru-paru. Nikotin pun tidak kalah mematikannya. Zat ini dapat menyebabkan penyakit jantung, dan celakanya lagi zat inilah yang membuat perokok ketagihan dan sulit menghentikan kebiasaan merokoknya.

Karbon Monoksida juga sangat berbahaya karena menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena Karbon Monoksida mengikat hemoglobin dalam sel darah merah dengan kekuatan yang lebih dari oksigen. Hal ini lama-lama akan menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit. Penyempitan tersebut dapat terjadi di mana saja, termasuk ginjal, saluran kandungan, otak, bahkan ari-ari pada janin. Itu sebabnya merokok disebut dapat membahayakan pertumbuhan janin.

Itulah sekilas Tentang Bahaya Rokok, semoga bermanfaat untuk anda.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.