Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun saja!  Klik untuk info lebih lanjut! 

Informasi Mengenai Tahapan dan Proses Bayi Tabung

Tahapan dan proses bayi tabung sepertinya merupakan sebuah tambahan ilmu yang menarik yang perlu kita ketahui dan pelajari. Mungkin hampir semua kita tahu bahwa bayi tabung adalah bayi hasil dari pembuahan sel telur dan sel sperma yang dilakukan di luar tubuh atau lebih tepatnya dilakukan di dalam tabung – dari situlah nama bayi tabung berasal. Mungkin hanya sebatas itu pengetahuan kita. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai tahap-tahap serta proses bayi tabung ini, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Tahapan dan Proses Bayi Tabung

Proses bayi tabung dilakukan dengan menggunakan teknologi IVF atau in vitro fertilization yaitu pembuahan sel telur oleh sperma yang dilakukan di laboratorium dengan menggunakan media atau alat berupa tabung kaca. Hasil pembuahan tersebut yang merupakan bakal bayi kemudian ditempatkan kembali ke dalam rahim sang ibu.

Berikut beberapa tahap dasar yang perlu kita ketahui mengenai proses bayi tabung:

  •  Superovulasi
    Pada tahap ini sang ibu biasanya diberi pergonal dan clomiphene dengan tujuan memicu terbentuknya lebih banyak sel telur dalam 1 siklus menstruasi. Hal ini dimaksukdkan agar jika terdapat lebih banyak sel telur yang dibuahi dan maka kemungkinan untuk terbentuknya embrio menjadi lebih besar.
  •  Pengambilan Sel Telur
    Sang calon ibu akan diberi H.C.G sebesar 5.000 unit apabila proses di atas sudah berhasil yaitu sel telur sudah matang dan siap untuk diambil. Namun pengambilannya sendiri baru dapat dilakukan  sekitar 33 hingga 36 jam kemudian.
  •  Pembuahan
    Sel telur tersebut kemudian diinkubasi selama 2 sampai 24 jam di tempat yang sudah disiapkan untuk pembuahan. Kemudian sekitar 100 ribu hingga 1 juta sel sperma yang berkualitas baik dari sang calon ayah dimasukkan ke tempat sel telur tadi diinkubasi. Proses pembuahan ini biasanya terjadi dalam waktu 1 hari atau 24 jam.
  •  Pembentukan bakal anak atau embrio serta Pemindahannya
    Hasil pembuahan akan tetap disimpan di laboratorium. Baru setelah 2-3 hari kemudian bakal anak tersebut dipindahkan ke rahim sang calon ibu.

Demikian informasi mengenai Tahapan dan Proses Bayi Tabung. Semoga bermanfaat.

Subcribe Yuk

Dapatkan email notifikasi setiap kali ada artikel baru di website ini.